Posted by: dedywidjaya | September 15, 2009

Memaknai Sedekah (dalam bahasa gaul)

Taken from http://effectafter.wordpress.com/2009/09/14/greedy-by-god/

Beberapa tahun yang lalu gw pernah baca artikel di majalah Intisari yang ditulis Yusuf Mansur. Gw lupa tepatnya judul artikelnya apa. Intinya soal sedekah. Edisi bulan puasa juga kalo ga salah waktu itu. Gw sendiri lupa dari hadist atau dari Al-Quran, yang jelas adanya bilang kalo kita sedekah maka akan dibales 10 kali lipat oleh Allah SWT.

Nah, yang disampaikan sama Yusuf Mansur itu adalah bahwa ayat/hadist itu berlaku secara HARFIAH. Kalo kita sedekah 100ribu maka akan dibalas oleh Tuhan 1juta. Jangan lupa juga sama ayat/hadist yang mengatakan kalo yang disebut oleh harta itu adalah makanan yang kita makan dan pakaian yang kita pakai sampai rusak. Intinya adalah bahwa uang cash yang kita pegang itu belum termasuk harta soalnya masih bisa diambil sewaktu2 oleh Tuhan. Berarti nominal 1juta belum berarti cash 1juta rupiah ditangan kita, literally.

Hal menarik dari artikel itu yang bikin gw masih inget sampe sekarang adalah showcase yang dikasih sama penulisnya. Dia bilang kira-kira begini, kalo kita berpenghasilan 3juta rupiah per bulan, sedangkan kebutuhan kita pada bulan itu adalah 7juta. Berarti ada selisih 4juta. Nah, 4juta itu bisa kita penuhi lewat sedekah. Jadi dengan aturan awal kalo kita sedekah bakal dibales 10x lipat, berarti buat memenuhi 4juta itu kita harus sedekah 445rb.

Lho kenapa? Kalo kita sedekah 400rb, berarti uang kita jadi 2.6juta. Ditambah yang kemudian diganjar oleh Tuhan jadi 4juta ditambah 2.6juta sama dengan 6.6juta. Berarti masih kurang 400rb. Kalo kita sedekah 445rb, berarti uang kita jadi 2.55juta. Ditambah yang kemudian diganjar oleh Tuhan jadi 4.45juta ditambah 2.55juta jadi genap 7juta.

Ini bisnis yang sangat menarik sekali. 1000% return satu bulan. Tanpa sistem compound jadi 12000% return setahun. Godlike high return. Faktanya belum pernah ada orang jatuh bisnis karena sedekah. No risk.

Tentu saja, kalo lo pengen bisnis sama orang lo harus menjaga hubungan baik dengan orang tersebut. Apalagi sama Tuhan. Shalat dan puasa adalah cara yang baik menjalin hubungan dengan Tuhan. Jangan berharap bisnis lo lancar sementara lo ga berhubungan baik dengan rekan bisnis lo.

Emang, gw nulis kaya gini berasa udah paling bener ibadahnya. At least, what’s wrong with try to figure out the God’s method above?


Responses

  1. Saya pernah diingatkan sama kepala sekolah, jangan pernah skali – skali sedekah kita dihitung2,nanti Gusti Allah juga perhitungan terhadap kita,dan saya terapkan sampai skarang, insya Allah saya tidak pernah itung2 atau bahkan saya lupakan kalau saya baru saja bersedekah berapapun sedekah yang sy keluarkan dalam waktu 1 bulan,terbukti Allah memberi saya rizqi tanpa perhitungan


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: