Posted by: dedywidjaya | July 6, 2009

Sedekah

Ayo Bersedekah!

Ayo Bersedekah!

Taken from : http://hary84.wordpress.com/2007/06/20/sedekah/

Pada suatu hari, kisah Imam Ali ra, ada seorang  laki – laki datang kepada Rasulullah saw dan berkata :

“Ajarilah aku suatu amalan yang membuat aku di cintai oleh Allah, di cintai oleh para makhluk, Allah memperbanyak hartaku, menyehatkan badanku, memanjangkan umurku, dan membangkitkan aku di padang mahsyar bersamamu “

Subhanallah, pertanyaan yang begitu menyentuh hati. Mungkin pertanyaan yang juga akan kita tanyakan. Bagaimana tidak ? Siapa yang tidak ingin di cintai oleh Allah, di cintai juga oleh makhluknya. Siapa pula yang tidak ingin di perbanyak hartanya dan di sehatkan badannya. Di panjangkan umurnya dan di bangkitkan di hari kiamat bersama Nabi tercinta ?

Rasulullah menjawab pertanyaan ini dengan mengatakan :

“ Permintaanmu yang enam perkara itu memerlukan enam perkara yang lain yaitu :

Bila engkau ingin di cintai oleh Allah, takutlah kepada-Nya dan bertakwalah . Bila engkau ingin di cintai para makhluk, berbuat baiklah kepada mereka, dan jangan berharap sesuatu dari yang mereka miliki. Dan bila engkau ingin diperkaya dalam harta, maka zakatilah harta bendamu. Bila engkau ingin di sehatkan badanmu, maka perbanyaklah sedekah. Dan bila engkau ingin di perpanjang umurmu, maka bersilaturrahimlah kepada kaum kerabatmu. Bila engkau ingin di kumpulkan bersamaku di padang mahsyar bersamaku, maka perpanjanglah sujudmu kepada Allah Yang Maha Esa dan Maha Perkasa. “

Paling tidak ada empat keutamaan sedekah. Pertama, Sedekah mengundang datangnya rizki. Seperti yang di katakan oleh Ali bin Abi Thalib, “Pancinglah rezekimu dengan sedekah.” Yang kedua, Rasulullah bersabda, “ Bersegeralah bersedekah, sebab bala tidak bisa mendahului sedekah.” Itu artinya sedekah juga dapat menjadi tolak bala. Ketiga, Rasulullah juga menganjurkan, “Obatilah penyakitmu dengan sedekah.” Penyakit apapun datang dari Allah, obat manusia hanya sebagai perantara kesembuhan baginya, namun Allah juga menyediakan obat yang jauh lebih manjur dari apa yang di buat oleh manusia, yaitu dengan sedekah. Dan yang ke empat Rasulullah bersabda, “ Perbanyaklah sedekah sebab dengan bersedekah Allah berkenan memperpanjang umurmu. “

Sedekah juga menjadi bagian dari ‘bekal’ yang harus kita siapkan bagi perjalanan kehidupan kita dalam menghadap Allah swt. Dalam hal ini Rasulullah bersabda :

“  Bersedekahlah kalian sebelum kalian tidak bisa bersedekah. Bersedekahlah kalian sebelum kalian tidak bisa bersedekah. Setiap orang bisa memberikan apa saja : dinar, dirham, pakaian, gandum, kurma bahkan jika hanya bisa memberikan separuh kurma, maka berikanlah. “

Iman Ja’far As – Shadiq pernah berkata, “Sedekah itu wajib dilakukan oleh setiap anggota tubuhmu, untuk setiap helai rambutmu dan untuk setiap saat dalam hidupmu. “ Hal ini memberikan pengertian yang lebih luas lagi tentang sedekah, antar alain sebagai berikut :

  • Sedekahnya mata berarti memandang dengan penuh pertimbangan dan memalingkan penglihatan dari nafsu dan hal – hal seperti itu.
  • Sedekahnya telinga adalah mendengarkan suara – suara yang baik seperti ucapan – ucapan yang baik, mendengarkan bacaan Al Qur’an.
  • Sedekahnya lidah adalah dengan memberikan nasehat yang baik, menghindari dusta dan kepalsuan. Membangunkan orang untuk beribadah, memberi pujian pada orang – orang yang pantas menerimanya.
  • Sedekahnya tangan adalah menginfakan hartanya kepada orang lain, bermurah hati dengan karunia yang di berikan Tuhan, menahan tangan dari perbuatan dosa, menggunakan jemari untuk hal – hal yang bermanfaat.
  • Sedekahnya kaki dengan mengunjungi orang – orang Saleh dan menimba ilmu dari mereka, menghadiri majelis – majelis ilmu, menyambung silaturahim dan berkunjung ke tempat – tempat yang bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: