Posted by: dedywidjaya | June 18, 2009

Sedekah adalah Investasi High Return – Zero Risk

Taken from : http://wnesia.wordpress.com/2008/05/06/sedekah-high-return-zero-risk/

Investasi yang Menguntungkan

Investasi yang Menguntungkan

Sholat jumat kemarin berbeda dengan sholat-sholat jumat sebelumnya yaitu khotib yang menyampaikan khutbah jumat adalah Ustad Yusuf Mansyur. Kemungkinan besar pada pembaca semua sudah tahu siapa itu Yusuf Mansyur. Khutbah yang disampaikan pada kesempatan itu adalah khutbah tersingkat yang pernah saya ikuti selama saya di Jakarta. Menurut perkiraan saya tidak sampai 10 menit khutbah tersebut disampaikan. Namun Yusuf Mansyur menyampaikan kalau setelah sholat jumat akan diadakan semacam pengajian sampai jam 1 siang. Kalau menurut pendapat saya pribadi dan melihat gaya penyampaian Yusuf Mansyur sebelumnya, pak ustadz ini kurang menyukai forum formal yang kaku. Namun terlepas dengan semua itu saya mencoba membagikan apa yang saya dapatkan dari Yusuf Mansyur saat itu.

Tema pada pengajian dadakan itu adalah tentang sedekah. Sedekah adalah sebuah investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan. Di dalam Al-Quran, Allah SWT menjamin return dari investasi itu 1000% atau 10 kali lipat dari modal yang kita keluarkan. Bahkan resiko yang ditanggung adalah 0%. Investasi macam apa di dunia ini yang sanggup mengalahkan investasi dengan sedekah ini. Salah satu cerita menarik yang disampaikan oleh Yusuf Mansyur saat itu adalah ada seorang teman beliau yang ingin berangkat naik haji. Dia berencana untuk menabung sedikit demi sedikit di tabungan haji pada sebuah lembaga keuangan namun masih bimbang. Dia datang ke Yusuf Mansyur untuk mencoba berdiskusi, dan singkat cerita Yusuf Mansyur menyarankan uang yang dia punya itu diinfaqkan ke pesantren Yusuf Mansyur, dan Yusuf Mansyur pun mengatakan kalau sedekah dijalan Allah akan mendapatkan balasan 10 x lipat. Secara matematis, misalkan uang untuk berangkat haji adalah 25 juta, maka yang harus diinfaqkan adalah 2,5 juta dengan diiringi doa semoga saya selalu dilimpahkan rejeki dan saya diundang untuk menunaikan ibadah haji. Selang beberapa bulan kemudian dia mendapatkan reward dari kantornya untuk berangkat haji biaya kantor. Sungguh luar biasa bukan….

Sedekah dan doa adalah dua hal berbeda. Sedekah didasari oleh keikhlasan untuk berbagi sedangkan doa didasari oleh kehambaan/ketidakmampuan atau pengharapan untuk ditolong. Benar sekali sedekah harus ikhlas namun Allah juga menganjurkan kita untuk senantiasa berdoa kapanpun dan dimanapun. Jadi tidak ada salahnya kita melakukan dua-duanya bahkan dalam waktu yang bersamaan. Karena menurut beberapa sumber yang saya baca bahwa kemakmuran dan kebahagiaan seseorang didasari oleh tiga hal yaitu kerja keras, doa/ibadah dan sedekah.

Di luar negeri kita dapat mengambil pelajaran dari seorang investor ulung yang sangat sukses di pasar modal, yaitu Warren Buffet. Menurut pendapat saya pribadi, beliau sudah merasakan return yang luar biasa dari instrumen investasi sedekah ini sehingga pada kesempatan lain beliau menghibahkan 85% di bulan Juni 2006 pada Yayasan Bill & Melinda Gates Foundation. Dan ajaibnya, meskipun harga beliau berkurang setiap tahunnya untuk amal, namun saham yang dia miliki meningkat lebih cepat.(by forbes magazine).

Dengan contoh diatas, apakah anda akan melewatkan begitu saja kesempatan investasi luar biasa ini? Di Indonesia orang berbondong-bondong menempatkan portofolio nya pada instrumen saham untuk mendapatkan return yang tinggi, namun jangan lupa resiko tinggi sudah menanti di depan mata. Berbagilah dan nikmati hasilnya…

Salam Senyum dan Sedekah


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: