Posted by: dedywidjaya | June 8, 2009

Berobat dengan Bersedekah

Taken from : http://id.shvoong.com/medicine-and-health/1877446-berobat-dengan-sedekah/

Berobat hanya dengan sedekah ?…………?

Berobat Butuh Uang yang Tidak Sedikit

Berobat Butuh Uang yang Tidak Sedikit

Ya, biasanya itu pasti menimbulkan tanda tanya besar, apa hubungan antara sedekah dengan kesembuhan dari suatu penyakit. tapi jika kita pelajari dan kita telaah, ada suatu kasiat tertentu di dalam sedekah itu sendiri, sebab salah satu kasiat sedekah telah direkomendasikan didalam hadist oleh Rasullah SAW adalah mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit , baik itu dalam kondisi penyakit fisik maupun penyakit psikis, yang biasanya banyak mendera kehidupan umat manusia.

Adapun rasullah juga bersabda, “Obatilah orang yang sakit diantara kalian dengan sedekah ” ( HR. Baihagi).

Efek medis apa yang terkandung dalam amaliah sedekah ini ? Pertanyaan ini bisa muncul kembali karena ketidaktahuan seseorang akan manfaat sedekah, sebab memang banyak yang belum memahaminya dikarenakan selama ini banyak yang berkiblat pada pengobatan medis-kimiawi untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, daripada menempuh jalur pengobatan ilahiyyah dengan cara sadakah tadi.

Beberapa hadist riwayat dan surat di Al Quran juga menyinggung soal sedekah, antara lain : ” Adapun orang yang memberikan (hartanya dijalan ALLAH) dan bertaqwa dan membenarkan adanya pahala yang terbaik (surga), maka kami akan menyiapkan baginya jalan yang mudah ” (Al Lail (92) : 5 – 7 ),  “Ujian yang menimpa seseorang pada keluarga, harta, jiwa, anak dan tetangganya bisa dihapus dengan puasa, sholat, sedekah dan amar makruf nahi munkar”. (HR. Bukhari dan muslim )

Bagaimana sedekah bisa menyembuhkan suatu penyakit ? Padahal secara lahiriah sedekah hanyalah suatu malan ibadah yang tidak ada hubungannnya dengan pengobatan atau semacamnya ? Ya…..pemikiran semacam ini banyak dipertanyakan oleh sebagian besar manusia.

Jawaban dari semua pertanyaan diatas adalah terlebih dahulu kita harus memahami kekuasaan ALLAH dan kebesaran ALLAH, sebab seringkali manusia lupa diri, sombong, angkuh dan merasa yang paling hebat serta merasa tidak membutuhkan siapapun. Padahal diluar itu semua manusia kadang tidak menyadari kekuatan dan kekuasaan yang sangat nyata yang membuat hal-hal semu semacam manusia dan bumi seisinya tampak seperti nyata dan membuat sesuatu yang sangat dan benar-benar nyata tidak dapat dilihat oleh panca indra kita / tidak terlihat. Ya……..itulah kekuatan dan kekuasaan ALLAH.

Karena sedekah adalah amalan yang diperintahkan ALLAH, maka ALLAH lah yang akan menurunkan obat dari semua penyakit. Sebab ALLAH juga lah yang menurunkan penyakit maka jika ALLAH sudah menurunkan obatnya maka sembuhlah penyakit itu.

Subbahanallah…

Logika hukum langit memang hanya dapat dipahami oleh sebagian manusia yang mau berfikir, maka dari itu semua, apa yang tertulis dibuku ini yaitu berobat dengan sedekah sangat mempunyai banyak manfaat, selain dapat menyadarkan jika ada obat lain selain obat kimiawi , kita juga bisa semakin dekat dengan ALLAH dan memahami serta insyaallah kita semakin bertaqwa kepada ALLAH yang telah menciptakan kita.

Amiin…


Responses

  1. SUBHANALLAH WABIHAMDIHI SUBHANALLAH HIL ADZIM …… Sodaqih memang Luar Biasa …. . maka tidak salah sejak dini kita tanamkan pada anak-saudara handaitolan untuk belajar bershodaqoh dengan IKHLAS . Kelak pada suatu saat kita sudah bisa shodakhoh hanya LILLAH ….. inilah tujuan kita belajar bershodaqoh …. sebab masih banyak shodaqoh Lil……
    maka mari kita Shodaqoh ( Tiada hari tanpa Shodaqoh )


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: