Posted by: dedywidjaya | May 29, 2009

Own a business + Sedekah = ‘Kaya’

Berikut adalah pengalaman Sdr. Ollie (http://www.salsabeela.com/2008/11/09/menjadi-kaya-dengan-sedekah/) :

Kaya dari Sedekah

Kaya dari Sedekah

Semua berawal dari perkataan teman tentang sedekah. Dia bercerita tentang Ustad Yusuf Mansur yang menganjurkan sedekah untuk mendapatkan tujuan kita. Dalam kondisinya, dia ingin segera menikahi tambatan hatinya namun kekurangan biaya. Ia pun mulai bersedekah berdasarkan jumlah nominal uang yang ia perlukan untuk membuat resepsi pernikahan nanti.

Karena penasaran dengan Ustad Yusuf Mansur yang telah membuat teman saya sangat terinspirasi itu, saya pun segera mencari informasi tentang Ustad Yusuf Mansur. Ternyata saya menemukan film ‘Kun FayaKuun‘ yang dibuat oleh Ustad Yusuf Mansur. Film ini bercerita tentang kehidupan seorang tukang kaca yang jauh dari mencukupi, namun tukang kaca itu tidak berputus asa dari rahmat Allah dan ia tetap bersedekah meskipun kekurangan.

Film ini sangat menginspirasi saya sehingga malam itu juga saya memutuskan besok pagi saya akan naik bis ke kantor agar bisa membeli banyak barang yang ditawarkan ke saya di dalam bis dengan maksud sedekah. Alhamdulillah, baru saja berniat seperti itu, besok paginya saya diajak meeting mendadak oleh seseorang dan dari pembicaraan kami telah lahir sebuah peluang yang nilainya ratusan kali lipat dari jumlah yang saya niatkan untuk sedekah. Subhanallah, baru niat saja sudah seperti itu! Saya pikir ini kebetulan, tapi waktu mendengarkan testimoni ibu ini di YouTube, saya yakin ini bukan sekedar kebetulan.

Saya semakin penasaran dan membeli buku dengan judul ‘The Miracle of Giving, Keajaiban Sedekah‘ yang ditulis oleh Ustad Yusuf Mansur sendiri. Di dalam buku itu, disebutkan dalam Al-Qur’an Surat 6:160, Allah menjanjikan balasan 10x lipat bagi mereka yang mau berbuat baik. Bahkan di dalam Al-Qur’an Surat: 2: 261, Allah menjanjikan balasan sampai 700 x lipat.  Selama ini terus terang saya nggak menyadarinya. Insya Allah sedekah terus saya lakukan, tapi saya nggak pernah ‘menghitung’ dan mengharapkan apa yang akan saya dapatkan nanti dari Allah. Saya tidak menghubung-hubungkan rejeki yang saya terima dengan sedekah yang saya lakukan, padahal itu berkaitan erat!

Di dalam buku ini, Ustad Yusuf Mansur berkata, apa yang sudah kita ketahui ini akan menjadi ilmu buat kita. Sehingga jika kesusahan dalam hal finansial, nggak susah-susah minta tolong orang lain, tapi langsung minta tolong kepada Allah. Karena sadar dengan hal ini pun, saya jadi berusaha untuk sedekah dengan lebih baik dan terencana.

Beberapa tips menjadi kaya dari masukan Ustad Yusuf Mansur:

  1. Shalat Dhuha 4 rakaat (dilaksanakan dalam 2 rakaat – 2 rakaat) dapat membuka pintu rizqi
  2. Meminta pada Allah saat Shalat Tahajjud
  3. Memelihara dan memberi makan anak yatim
  4. Sedekah 10% dari penghasilan, karena 2,5% saja tidak cukup
  5. Sedekah 10% dari jumlah yang diinginkan. Dengan konsep ini, jika kita ingin membeli rumah seharga Rp 100 juta, maka kita harus bersedekah sekitar Rp 10 juta terlebih dahulu. Karena beginilah matematika sedekah menurut Ustad Yusuf Mansur10 – 1 = 19

    Dalam matematika biasa memang 10 – 1 adalah 9. Namun karena Allah menjanjikan balasan 10x lipat, maka minimal kita akan mendapatkan 19. Jika perhitungan dilanjutkan maka akan seperti ini:

    10 – 2= 28
    10 – 3= 37
    10 – 4= 46
    10 – 5= 55
    10 – 6= 64
    10 – 7= 73
    10 – 8= 82
    10 – 9= 91
    10 – 10= 100

    Jadi sekarang agak ‘masuk akal’ kan jika ingin beli rumah Rp 100 juta maka harus bersedekah Rp 10 juta dulu

  6. Tambahan dari saya mungkin bisa dicoba. Saya selama ini bersedekah untuk sesuatu yang sifatnya dapat berlipat ganda. Misalnya, sedekah untuk pendidikan anak, sedekah untuk alat ibadah, dll, yang kemungkinan pahalanya dapat saya bawa hingga mati (karena terus mengalir).

Last but not least, kadang-kadang untuk bisa percaya, kita perlu membuktikan. Mungkin dari pengalaman sendiri sudah banyak, tapi karena nggak perhatian akhirnya kita lupa. Silahkan baca pengalaman-pengalaman orang lain yang bersedekah dan merasakan manfaatnya di situs Wisata Hati milik Ustad Yusuf Mansur. Selamat bersedekah!

UPDATE: 

Pagi ini gue praktekin ilmu sedekah-nya di bis, dengan membeli barang-barang yang tidak terlalu gue butuhkan plus menyantuni pengamen dan peminta-minta yang terlihat memang tidak capable menolong dirinya sendiri. Di sini gue ikhlas dan menghilangkan buruk sangka seperti, “Dapet berapa tu orang sehari, jangan-jangan lebih kaya dari gue!”.

Kalau dihitung berarti hari ini ‘invest’ Rp 50.000 di dalam bis. Kemudian pas sampai kantor, ngambil dokumen adek gue di lantai 1, ternyata masi disuruh bayar Rp 400.000-an lagi dan karena mereka nggak punya mesinnya gue disuruh ambil ATM dulu aja di depan. Meskipun bawaan gue banyak banget dari di bis sampe kantor gue coba tahan nggak ngedumel. Ternyata setelah gue ambil duit gue seperti nggak berkurang malah bertambah. Langsung deg-degan.

Sampai kantor langsung cek Klik BCA and ada transferan senilai 20x investasi gue tadi pagi dari arah yang tidak disangka-sangka. Jadi teman-teman, ilmu baru ini terbukti dan teruji, jangan ragu lagi!

Ps: Semua barang itu tidak akan menjadi mubazir, karena akan di-donate pada yang benar-benar membutuhkan
Pss: Semua yang disampaikan tidak untuk bermaksud Riya’


Responses

  1. matematika sedekah good….

  2. good….

  3. saya se-7 dengan bahwa sedekah bisa buat kita kaya dunia-akhirat

  4. saya juga mau menjadi kaya di dunia,tapi yang lebih utama kan kaya di akhirat,mari kita semua sisihkan sebagian rizki kita bagi mereka yang membutuhkan

    • terima kasih commentnya

  5. insya allah ilmu sedekah ini bukan hanya milik kita, tapi…… tuk umat moeslem di seluruh dunia ini. Amin
    Tingkatkan sedekah….!!!

    • amin…

    • aamiin….

  6. saya sudah shalat dhuha, sudah shalat tahajut, sudah sedekah dan setiap hari saya puasa. semua sudah saya jalani selama hampir 4 bulan. tapi tetap saja saya belum mendapat uang buat bayar hutang saya walau pun saya sudah berusaha. jadi mana mungkin saya bisa percaya kalo ada yang bilang hanya dengan sedekah bisa dapat uang. itu cuma kebetulan saja. kebetulan yg tidak mungkin berulang terus. kenapa? karena saya sudah mencoba membuktikannya sendiri dan masih tidak terbukti. apa ini hanya cerita bohong? hanya Tuhan yg tahu yg sebenarnya

    • Mas Budhi…
      Bukan merasa lebih pintar dari Anda. Saya hanya mau share pendapat saja.
      Kejadian yang dialami mas Budhi tsb, juga dialami oleh banyak orang (coba baca artikel lainnya). Ketika kita sudah merasa sudah menjalankan “syarat” untuk mendapatkan “uang” seperti yang dijanjikan, lama sudah kita menunggu namun tak datang jua. Menurut saya, janji Allah pasti dipenuhi, tidak mungkin meleset. Saat ini, kita dituntut supaya positive thinking dulu. Saat ini kita masih digembleng oleh Allah, seberapa kadar iman kita. Pada saat yang tepat nantinya, Allah pasti akan menunaikan janjinya. Dan disaat itulah kita akan malu dihadapan Allah karena kita telah sempat tidak percaya kepadaNya.
      Teruskan apa yang mas Budhi sudah lakukan dan tetaplah percaya kepada Allah, saya berdoa untuk kesuksesan mas Budhi…. amiin.

    • Saya scroll-down webpage ni cepat cepat. Tak bisa tertangkap semua perbincangan kamu. Tapi, saya sempat terbaca cerita Pak Budhi.

      Pak Budhi, setiap ayat terdapat di dalam Al-Quran adalah sangat teliti, di “tulis” oleh yang Maha Teliti. Al-Quran itu telahpun di turunkan lebih dari 1400 tahun dan tidak ada seorang mahluk di muka bumi ini boleh mencari kesilapan didalamnya…

      Banyak para scientist di dalam abad ke-20 ini telah menemui kebenaran yang di nyatakan di dalam Al-Quran. Soalannya, kalau Al-Quran ini tipu, bagai mana boleh rahsia science ini telah di nyatakan 1400 tahun yang lalu? Zaman Rasullullah SAW, mana ada teknologi…

      Berbalik cerita tentang sedekah ini. Biarlah saya cerita sedikit tentang pengalaman saya. Saya sekarang hampir 3 tahun sudah mula berkerja.
      Permulaan saya berkerja, saya di beri gaji lingkungan 7 juta rupiah sebulan. Semasa itu saya tidak tau tentang berkah sedekah ini, tetapi saya dari mula lagi memang rajin menyedekahkan duit saya kepada ibu.

      4 bulan selepas itu, saya di naikan pangkat. Gaji saya naik menjadi 11 juta rupiah. Sedekah kepada ibu memang tidak pernah saya tingalkan. Kadang-kadang sampai lebih dari separuh gajian saya itu saya serahkan kepada ibu saya.

      4 bulan selepas itu, gaji saya di naikan sehinga menjadi 13.4 juta rupiah.
      4-6 bulan selepas itu, gaji saya di naikan sehinga menjadi 15 juta rupiah.
      Selepas itu gaji saya tidak naik-naik selama setahun. Tetapi, dengan izin Allah yang tidak pernah melupakan janjinya, dengan mendadak gaji saya naik menjadi 30 juta sebulan!

      Saya menceritakan kesah saya ini bukan kerana ria’. Saya hanya ingin menunjukan yang Allah itu ujut. Dia tidak pernah lupa atas apa yang kita infaqkan. Harta tidak akan kurang, malah ia akan bertambah. Balasannya tetap akan datang asal kita sabar. Allah suka kepada orang yang bersabar. Inshallah…kamu akan dapat bahagian kamu.

      Bermula lah berbaik dengan ibu, ibu, ibu dan ayah kita. Inshallah, Allah akan jaga kita. Jika mereka sudah tiada, jangan pernah putus mendoakan mereka.
      Jauhi dari melakukan dosa.
      Sedekah dengan harta yang halal.
      Baik kepada semua orang, biarpun dia itu beragama islam atau bukan islam.
      Doa & bersukur lah selalu biar kita di dalam kesempitan.

      Selamat beramal Pak Budhi. Assalamualaikum.

  7. pak budi. saya juga mengalami apa yang anda alami, saya sholat dhuha, tiap hari, beredekah, eh malah yang saya dapatkan PHK, dan sudah 7 bulan berjalan saya pengngguran, sementara saya punya tanggungan dua anak yang masih berunur 3 tahun dan 7 bulan, yang mana mereka masih butuh susu dan kebutuhan yang lainnnya, saya sudah coba lamar kerja sana sini tapi satupun belum ada yang tertarik dengan saya, ementara uang pesangon saya hanya cukup untuk kebutuhan 1 tahun, sekarang saja sudah makin menipis, saya sangat bingung, sudah saya lakukan shalat tahajjud, dhuha, baca alquran surah alwaqiah dan bersedekah tapi hasilnya nihil. tetapi saya tidak putus asa saya yakin Allah swt, maha pengasih maha penyayang. memang apa yang dikatakan budi ada juga benarnya membuat hati kita gundah gulana.

  8. Untuk saudara saudaraku… janji allah tidak akan meleset apalagi berbohongdengan janjinya. kecepatan terjadinya efek sedekah tergantung kadar keiklasan semakin anda iklas semakin cepat terjadinya. tapi konsep sedekah adalah hukum ( LAW OF GIVING) jadi terlepas anda percaya dan tidal percaya hukum akan tetap bekerja seperti halnya hukum grapitasi. ketika sebuah gelas anda jatuhkan terlepas anda suka atau tidak sukagelas akan jatuh dan pecah. begitupun dengan sedekah terlepas anda percaya atau tidakpercaya ketika sesuatu anda lepaskan dari genggaman anda dengan ikhlas maka benda tersenut akan balik lagi kepada anda dengan berlipat karena didunia kuantum tidak ada subyek ,predikat dan objek, semuanya subjek. jadi ketika ketika anda memberikan sesuatu kepada orang lain sebenarnya anda sedang memberi kepada diri anda sendiri.

    • Terima kasih sharing ilmunya….

  9. jadi tersadarkan nih gue thank ya

    • Terima kasih sudah meluangkan waktu membaca artikel. Semoga bermanfaat….

  10. Saya banyak sekali memiliki hutang, sampai saat ini ini hutang saya berjumlah 130 juta, dengan rincian 80 juta hutang di bank, 20 juta hutang di koperaso dan 30 juta hutang di Rentenir, bagaimana caranya saya bisa melunasi hutang-hutang tersebut tanpa gali lobang tutup lobang, penghasilan saya 2,5 jt per bulan ditambah tunjangan 3,6 jt per 3 bulan, sedangkan angsuran yang harus dibayar tiap bulan sekitar 8 jutaan, bagaimana cara mengatasainya, mohon petunjuk2nya ?

    • Saya ada beberapa video ceramah Ust. Yusuf Mansur tentang bagaimana caranya menyelesaikan hutang2 kita. Jika Anda mau, silahkan kirim email ke dedywidjaya@yahoo.com, saya akan kirim via email saja. Namun mohon pastikan space email Anda cukup. Ukuran file tersebut sekitar 100 MB.

      • Pak ustad atau teman yang lain, Nabi Muhammad saw pernah menolong salah satu sahabatnya yang bernama saklabah dari keterpurukan ekonomi dengan cara memberikan sebuah paket ilmu ( kelola bisnis dan permodalan ) disambut dengan kemauan keras dari saklabah dengan tekun alhamdullilah jreeeng saklabah jadi konglomerat peternakan.

        kemudian Nabi bersabda barang siapa ingin selamat ikutilah sunahku ( ucapan dan perbuatan )

        Disinilah kekurangan umat islam kita dalam bersedekah atau zakat atau apapun namaya pokoknya dah bayar jreng beres. …

        walhasil yang demikian dibaca peluangnya oleh para pengemis jadilah semakin banyaknya para pengemis.

        Saya mempunyai keahlian menggoreng kerupuk kulit sangat mencari cari dimana ada kelompok bisnis bersama yang berbasis islami mohon kirimkan alamat ke naryopendi@gmail.com

      • Assalamu’alaikum wr wb, salam kenal….
        Terima kasih atas sharingnya. Semoga yg diharapkan segera terlaksana….amin

  11. blog ini bagus…semoga dapat dikembangkan terus…..semoga umat islam banyak yang kaya dengan bersedekah….kaya dengan cara islami dan tidak ada lagi saudara kita yang miskin karena umat islam sudah banyak paham dan mengerti manfaat sedekah….hidup bermanfaat bagi orang lain dengan menjadi orang yang kaya raya yang dermawan….

    • Terima kasih doa dan comment nya Pak Agus. Insya Allah blog ini akan dikembangkan terus dan tetap bermanfaat buat kita semua. Amiin…

  12. terimakasih atas info dan tulisannya, saya memerlukan video ceramah Ust. Yusuf Mansur tentang bagaimana caranya menyelesaikan hutang2 kita.

  13. saya mempunyai satu kisah yang terjadi pada diri saya sendiri. saya menikah dengan seorang laki-laki dia tidak kaya bahkan hidup kami pas-pasan tapi suami saya mempunyai kebiasaan memberi orang uang atau pulsa atau hadiah kecil untuk kerabat yang dihormatinya seperti para habaib, alim ulama, dan orang awam lainnya. kadang saya marah duit kami habis hanya karena hal-hal yang tidak perlu, saya berpikir kami ini susah kok suami suka memberi orang macam-macam, misalkan dirumah gula habis suami tuh beli gula tapi buat orang lain apa saya tidak marah kalau dilakukan begitu. kadang hati saya jengkel saya jualan pulsa, misalkan saya dapat keunungan pulsa 30 ribu eh malah mengisikan orang 50 ribu itu gratis lho. saya sering berkata “yang kita ini perlu uang kok sayang sering buang-buang seenaknya aja”,tapi suami saya hanya tertawa apalagi saat saya hamil bukannya mengumpulkan uang untuk ngelahirin eh malah sedekah-sedekah dia bilang ini untuk kamu dan anak kita mudah-mudahan dia tampan seperti orang yang kita beri kebetulan orang yang diberi itu wajah nya tampan sekali dan juga alim dia anak seorang habaib di kalimantan. tapi setelah saya melahirkan anak laki-laki kehidupan saya bertambah baik bahkan mencukupi sekali alhamdulillah ibaratkan mau beli apa saja ada uangnya dan hal itu diluar nalar saya. penghasilan yang diterima suami saya tidak sebanding dengan kebutuhan kami dan anak saya tapi Allah maha besar, Allah maha agung rezeki itu terus mengalir tidak henti-hentinya saya bersyukur Allahdullillah ternyata sedekah itu kunci rezeki intinya kita hidup harus memberi dan peduli terhadap orang lain. kini usaha saya lancar, anak saya ternyata tampan sekali dan suami saya Alhamdullilah menjadi suami yang teladan yang bisa membahagiakan saya. saya juga sering mengikuti sekilas tentang sedekah bersama ustadz yusuf mansur. maaf kisah ini bukan untuk menimbulkan riya atau apapun tapi ini hanyalah untuk membangkitkan gairah sedekah kita supaya jadi amal yang istikomah amin.

    • Mbak Afifah, thx sharingnya.
      Kisah Mbak sudah saya muat… tdk keberatan kan??
      Mudah2an bermanfaat bagi kita semua. amiin…

  14. sbelum sy menemui manager hrd trsbt saya bersedekah dlu dngan ikhlas dgn niat urusan sy di lancarkan,dan hasilnya begitu mudahnya sy menemui dia dan bsoknya sy d panggil untuk test pdhl bnyk lamaran yg menunggu panggilan,,sedekah terbukti memperlancar urusan..kni sy tnggl nunggu hasil

  15. Saya scroll-down webpage ni cepat cepat. Tak bisa tertangkap semua perbincangan kamu. Tapi, saya sempat terbaca cerita Pak Budhi.

    Pak Budhi, setiap ayat terdapat di dalam Al-Quran adalah sangat teliti, di “tulis” oleh yang Maha Teliti. Al-Quran itu telahpun di turunkan lebih dari 1400 tahun dan tidak ada seorang mahluk di muka bumi ini boleh mencari kesilapan didalamnya…

    Banyak para scientist di dalam abad ke-20 ini telah menemui kebenaran yang di nyatakan di dalam Al-Quran. Soalannya, kalau Al-Quran ini tipu, bagai mana boleh rahsia science ini telah di nyatakan 1400 tahun yang lalu? Zaman Rasullullah SAW, mana ada teknologi…

    Berbalik cerita tentang sedekah ini. Biarlah saya cerita sedikit tentang pengalaman saya. Saya sekarang hampir 3 tahun sudah mula berkerja.
    Permulaan saya berkerja, saya di beri gaji lingkungan 7 juta rupiah sebulan. Semasa itu saya tidak tau tentang berkah sedekah ini, tetapi saya dari mula lagi memang rajin menyedekahkan duit saya kepada ibu.

    4 bulan selepas itu, saya di naikan pangkat. Gaji saya naik menjadi 11 juta rupiah. Sedekah kepada ibu memang tidak pernah saya tingalkan. Kadang-kadang sampai lebih dari separuh gajian saya itu saya serahkan kepada ibu saya.

    4 bulan selepas itu, gaji saya di naikan sehinga menjadi 13.4 juta rupiah.
    4-6 bulan selepas itu, gaji saya di naikan sehinga menjadi 15 juta rupiah.
    Selepas itu gaji saya tidak naik-naik selama setahun. Tetapi, dengan izin Allah yang tidak pernah melupakan janjinya, dengan mendadak gaji saya naik menjadi 30 juta sebulan!

    Saya menceritakan kesah saya ini bukan kerana ria’. Saya hanya ingin menunjukan yang Allah itu ujut. Dia tidak pernah lupa atas apa yang kita infaqkan. Harta tidak akan kurang, malah ia akan bertambah. Balasannya tetap akan datang asal kita sabar. Allah suka kepada orang yang bersabar. Inshallah…kamu akan dapat bahagian kamu.

    Bermula lah berbaik dengan ibu, ibu, ibu dan ayah kita. Inshallah, Allah akan jaga kita. Jika mereka sudah tiada, jangan pernah putus mendoakan mereka.
    Jauhi dari melakukan dosa.
    Sedekah dengan harta yang halal.
    Baik kepada semua orang, biarpun dia itu beragama islam atau bukan islam.
    Doa & bersukur lah selalu biar kita di dalam kesempitan.

    Selamat beramal Pak Budhi. Assalamualaikum.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: