Posted by: dedywidjaya | May 29, 2009

Membeli Kesuksesan dengan Sedekah (Ust. Yusuf Mansur)

Ustadz Yusuf Mansur (Bapak Sedekah)

Ustadz Yusuf Mansur (Bapak Sedekah)

“Mengapa seseorang selalu merasa kurang secara penghasilan? Mungkin karena ia kurang sedekah!” buka Ustad Yusuf Mansur malam itu. Beliau melirik sekelilingnya. Wajah-wajah muda, dengan tatapan penuh semangat tengah duduk mengelilinginya. Mereka adalah 20 besar kontestan eliminasi Mimbar Dai TPI. Mereka tekun menyimak penuturan ustad pendiri Wisata Hati Coorporation itu. Malam itu, tanggal 12 Juli 2005, Ustad Yusuf mendapat kesempatan memberikan pembekalan atau pelatihan bagi para dai muda di Asrama Haji Pondok Gede, Bekasi. Acara yang diselenggarakan habis Isya sampai pukul 21.00 itu, berlangsung cukup seru. Dilengkapi beberapa games, salah satunya berupa simulasi dengan selembar kertas, yang mengundang tanya peserta. Banyak orang yang memiliki penghasilan besar, namun selalu merasa tidak cukup. Bahkan tidak jarang pengeluaran mereka lebih besar dari penghasilan yang didapat. Mungkin diri kita pernah merasakan demikian. Maka instropeksilah, mungkin sedekah yang kita keluarkan terlalu sedikit, sehingga berkah yang Allah berikan juga sekedarnya. Padahal dalam surat Al An’am ayat 160, Allah sudah janji akan melipatgandakan pahala sampai 10 kali lipat bagi mereka yang berbuat kebaikan. Jadi sebetulnya kita tak perlu ragu untuk menyisihkan penghasilan bagi mereka yang membutuhkan. 1 – 1 = 10, itulah ilmu sedekah. Banyak kejadian dibalik fenomena keajaiban sedekah.

Dalam kesempatan tersebut, Ustad Yusuf memaparkan beberapa kisah yang Insya Allah mampu meningkatkan keyakinan kita, bahwa Allah pasti akan meliptrgandakan pahala-Nya, bila kita sedekah. Contohlah sebuah kisah tentang seorang supir yang mengeluh karena gajinya terlalu kecil.

“Supir ini datang ke Klinik Spiritual dan Konseling Wisata Hati. Dia bilang gajinya cuma 800 ribu, padahal anaknya lima! Ia ingin gajinya jadi 1,5 juta!” ujar Ustad Yusuf sambil duduk bersila di permadani.

Dengan bijak, Ustad Yusuf mengajak supir itu mensyukuri terlebih dahulu apa yang telah didapatkannya selama ini. Kemudian ia menunjukkan surat Al An’am 160 dan surat 65 ayat 7, mengenai anjuran bagi yang kaya untuk membagi kekayaannya dan yang mampu membagi kemampuannya.

Supir itu lantas bertanya,”Kapan ayat-ayat itu dibaca dan berapa kali, Ustad?” “Nah, inilah kelemahan orang kita,” potong Ustad Yusuf sejenak, “Qur’an hanya untuk dibaca!”

Agak kesal dengan pertanyaan sang supir, Ustad Yusuf menyuruhnya segera berdiri. Kemudian ia bertanya, ”Maaf… boleh saya tanya pertanyaan yang sifatnya pribadi? ”Supir itu mengangguk. “Nggak bakal tersinggung?” Kembali supir itu mengangguk. “Bawa duit berapa di dompet?” desak Ustad Yusuf. Supir itu mengeluarkan uangnya dalam dompet, jumlahnya seratus ribu rupiah. Langsung Ustad Yusuf mengambilnya. “Nah, uang ini akan saya sedekahkan, ikhlas?”

Supir itu menggaruk-garukkan kepalanya, namun sejurus kemudian mengangguk dengan terpaksa. “Dalam tujuh hari kerja, akan ada balasan dari Allah!” “Kalau nggak, Ustad?” “Uangnya saya kembaliin!”

Mulailah sejak itu ia menghitung hari. Hari pertama tidak ada apa-apa, demikian pula hari kedua, bahkan pada hari ketiga uangnya hilang sejumlah 25 ribu rupiah. Rupanya ketika ditanya Ustad Yusuf tempo hari, sebenarnya ia bawa uang 125 ribu rupiah, namun keselip.

Pada hari keempat supir itu diminta atasannya untuk mengantar ke Jawa Tengah. Selama empat hari empat malam mereka pergi. Begitu kembali, atasannya memberikan sebuah amplop, “Ini hadiah istri kamu yang kesepian di rumah,” begitu katanya.

Ketika amplop itu dibuka, Subhanallah…. Jumlahnya 1,5 juta rupiah. Para dai muda yang menyimak cerita itu terkagum-kagum.

Kemudian ustad Yusuf bertanya, “Siapa yang belum nikah?” serentak hampir semua peserta mengacungkan tangan dengan semangat, seraya bergurau. “Nah, selain untuk memanjangkan umur, mengangkat permasalahan, sedekah juga mampu membuat orang yang belum kawin jadi kawin, dan yang udah kawin…” “Kawin lagi???” jawab beberapa peserta, kompak! Ustad Yusuf tertawa, “Yang udah kawin… makin sayang…”

Lalu mengalunlah sebuah cerita lain. Ada seorang wanita berusia 37 tahun yang belum menikah mengikuti seminarnya. Setelah mendengarkan faedah sedekah, wanita itu lantas pergi ke masjid terdekat dari rumahnya dan bertanya pada penjaga masjid itu, “Maaf, Pak… kira-kira masjid ini butuh apa? Barangkali saya bisa bantu…” “Oh, kebetulan. Kami sedang melelang lantai keramik masjid. Semeternya 150 ribu…” Wanita itu menarik sejumlah uang dari sakunya, yang berjumlah 600ribu. Tanpa pikir panjang ia membeli empat meter persegi lantai tersebut,”Mudah-mudahan hajat saya terkabul…” harapnya.

Subhanallah… Allah menunjukkan keagungan-Nya. Minggu itu juga datang empat orang melamarnya! “Itulah sedekah!”

Ustad Yusuf menantang mata peserta,”Sulit akan menjadi mudah, berat menjadi ringan… asal kita sedekah!”

Sebuah kisah unik lainnya terjadi. Suatu hari, seorang wartawan mengajak Ustad Yusuf ke Semarang, hanya untuk berpose dengan sebuah mobil Mercedez New Eyes E 200 Compresor baru. Tak ada yang istimewa dengan mobil itu kecuali harganya yang mahal, sekitar 725 juta rupiah, dan… mobil itu milik seorang tukang bubur keliling!

Loh, bagaimana bisa seorang tukang bubur punya mercy? Bisa aja kalau Allah berkehendak. Tukang bubur itu tentunya tak pernah bermimpi bisa memiliki sebuah mobil Mercedez baru. Namun kepeduliannya kepada orang tua, justru membuatnya kejatuhan bulan.

Karena orang tuanya ingin naik haji, tukang bubur itu giat sedekah. Ia sengaja menyediakan kaleng kembalian satu lagi, khusus uang yang ia sedekahkan. Yang kemudian ia tabung di sebuah bank. Ketika tabungannya itu telah mencapai 5 juta, ia mendapatkan satu poin memperebutkan sebuah mobil mercy. Dan si tukang bubur itulah yang memenangkan hadiah mobil tersebut.

Karena tak mampu membayar pajaknya sebesar 25%, seorang ustad bernama Hasan, pemilik Unisula, membantunya. Maka, jadilah mobil itu milik tukang bubur.

Kisah terakhir, tentang hutang 100juta yang lunas hanya dengan sedekah 100 ribu rupiah. Orang ini mendengarkan ceramah seorang ustad yang mengatakan, kalau sedekah itu dapat membeli penyakit, dapat membayar hutang, dan dapat menyelesaikan masalah. Teringat hutangnya sejumlah 100 juta, ia menyedekahkan uang yang ada, sebesar 100 ribu.

Dalam hatinya ia berharap hutangnya dapat cepat lunas. “Dan… Allah mengabulkan doanya secepat kilat. Begitu pulang dari pengajian, saat menyebrang jalan, orang itu tertabrak mobil dan lunaslah hutangnya!” seru Ustad Yusuf berapi-api.

Semua peserta melongo kemudian tertawa. Hampir semua menebak orang itu meninggal, sehingga si pemilik piutang mengikhlaskan hutangnya.

“Nggak!” koreksi Ustad Yusuf cepat, “Dia cuma pingsan. Kebetulan yang nabrak orang kaya. Selain dibawa ke rumah sakit, dia juga melunasi hutangnya!”

Itulah… Allah punya cara tersendiri untuk menolong hamba-Nya. Selain memberikan materi tentang sedekah, Ustad muda berkulit putih ini juga memberikan masukan dan saran tentang bagaimana tampil yang baik di hadapan audience (baik di televisi ataupun di ruangan), di antaranya mengajarkan teknik memotong materi (untuk commercial break) yang baik, sehingga pemirsa televisi enggan mengganti saluran dan tetap menunggu sampai iklan berakhir, lalu cara melibatkan emosi audience, melibatkan orang sekitar acara (baik outsider, maupun insider), intonasi suara, melakukan atraksi menarik, dan sebagainya.

About these ads

Responses

  1. trim.s
    semoga bermanfaat amin

    • amin…

      • assalamu’alikum wrwb, ustad, kami saat ini sedang membangun madin.karena keterbatasan sumber daya dan dana maka kami mohonkan bantuan dari para dermawan.Syukron jazakumullah khoiron katsiron. contac person budi 081393979494, REC BRI.
        NO. 6648 – 01 – 011035 – 53 – 5 a/n TPA / TPQ Fatimah Al – Hidayah

  2. wah bagus sekali saran dan masukanya memuat aku terbelalak dan aku sadar selama ini aku memang sedekah tapi itulah tidak banyak, maklum lah namanya orang wiraswasta kadang dapat banyak kadang tidak, semoga gambaran ini saya bisa mengingat kebesan Allah SWT. amin

    • amin

  3. insyaallah bisa membuka hati n pikiran kita semua.. amin..

    • amin amin amin….

  4. trimakasuh dgn ini saya menjadi tau arti dan manfaat sedekah….menjadi pelajaran saya untuk kedepan,cuma saya mau tanya klau mau konsultasi ttg masalah saya kemana ya????pengennya si langsung ke ustat yusuf mansur tolong ya…trims

    • silahkan coba kunjungi web site wisatahati.com semoga apa yang diinginkan segera mendapat jawaban dari ust. yusuf mansur

  5. terimakasih utk sharing kisah2 org yg bersedekah….
    mohon izin utk di-share di milis dg tetap menampilkan link dari blog ini….

    • silahkan…

      • Ustad,

        bener ya.. dengan sedekah dimana aja, keluarga saya bisa dikabulkan hajad nya.
        yakni ingin punya anak.

        Td nya mau sedekah di tempat ustad, Biar lebih afdol.

        thx

      • Insya Alloh, yakin pada Kekuatan Alloh, dunia tiada arti di mata Alloh… Sekali Ia berkenhendak, tiada yang tak mungkin

  6. insya allah…sungguh nyata.

  7. terima kasih banyak ….. semua masukan nasehat dan pesan menjadikan hidup saya tanpa beban …. mudah2 an allah lancarkan rizqi kita semua …. amiiin..

  8. asalamualaikum pa’k ustad.saya sala satu hambah allah .tapi saya di hina di linkungan saya.karna ketidak mampuan saya…pa’k ustad.saya mau nanya.apakah benar .kalau memang benar ada [KEAJAIBAN SEDEKAH.]& suda berapa banyak pa’k ustad ? .saya asli cirebon.& saya tadi siang menemukan foto copi lengkap dengan isinya.pa’k ustad tolong saya di ajarkan agar saya & ibu saya bisa melaksanakan rukun islam yang ke.5…pa’k ustad saya sedih & terharu melihat orang orang yang sangat membutuh kan pertolongan kita…..tapi saya sedih karena saya orang yang tidak mampu melakukanya.yang saya bisa hanya tenaga & doa saja.&saya ingin sekali membantu mereka dengan uang.karena mereka membutuhkanya…terima kasi pa’k ustad yusuf mansur…

  9. sungguh hebatnya sedekah…
    ayo kita bersedekah agar harta kita barokah,usia bertambah,,,nikmat sedekah,alhamdulillah…………..

    • terima kasih comment dan semangatnya….

  10. assalamualaikum, ustad ana ikhwan dari lombok, baru-baru ini dapat semacam bundel berjudul the miracle of sedekah oleh ustad yusuf mansur isinya tentang keajaiban sedekah dan kita diminta mentransfer uang 20.000 ke 4 nomer rekening yang berbeda, nanti uang kita akan berlipat2 menjadi banyak setelah mentransfer. benar gak program ini dari antum?telp. ana flexi 0370 6889541

    • alaikumsalam wr wb,
      akhi itu arisan berantai yang tidak halal, jangan mengikuti itu….
      kalo ingin imbalan berlpat-lipat, tidaj seperti itu… sekali lagi, itu bukan dari program dari kami

  11. bismilllaah..
    ya allah hamba serahkan pda ktentuan yang telah engkau rencanakan….
    hamba yaqin dengan perintah dan anjuran yang engkau buat tidak sedikitpun ada aniyaya kpad hambanya… hamba berharap Eangkau ya Robb memberikan solusi tuk keterpurukan materi yang menjadi maslah kami… kami ttp yqin BISMILLAH..

  12. Terima kasih ya ustadz..

  13. Asslammuallaikum ya ustadz…….seperti yang sudah di jelaskan ya ustadz…saya ingin
    saya sudah sedekahkan 2 unit komputer saya seharga kurang lebih kalau di rupiahkan bisa satu juta.dan 1 unit amplifier beserta lengkap dengan speakernya seharga 500 ribu. Yang insyallah saya sedekahkan untuk panti asuhan yatim piatu…dan semoga yang saya sedekahkan insyallah nantinya akan dapat mendapatkan yang saya inginkan yaitu menikah dan mendapatkan istri shalihah….amien qobul2….ya ustadz saya mohon pencerahannya….terima kasih….

    • amin ya rabb…

  14. Subhanallah,,,,,,,
    mulai skrng aku akan memperbanyak sedekah,,,dan tentu dngn hati yg ikhlas,,,,,,

  15. Assalamualaikum, pak ustad, hutang saya sangat banyak, saya ingin keluar dari permasalahan ini ustad, ditambah lagi dengan biaya anak-anak saya yang sedang membutuhkan biaya dalam melanjutkan pendidikannya, saya ingin sedekah boleh ndak ustad, bagaimana caranya tolong saya ustad.

    • Alaikumsalam wr wb
      Sedekah bisa dilakukandimna saja dan kapan saja
      Bahkan perbuatan baik kits kepada orang lain dg membantu mereka adalah sodakoh. Tidak harus dg materi. Semoga diberi kesabaran Dan sgr diangkat segala permasalajannya. Amin

  16. Amin kabulkanlah Ya Allah, Ya Rahman, Ya Rahim, Ya Malik, Ya Quddus, Ya Salam, Ya Mukmin, Ya Muhaimin, Ya Azis…

  17. pak ustad, saya ingin melunasi smua utang orang tua saya tp gaji saya tak cukup. waktunya pun tinggal bentar lagi.
    smoga dengan sedekah saya dapat meunasinya. amin
    mohon do’anya juga

  18. Saya mau sedekah.
    Ustadz, bisa tidak tunjukan dimana?
    Or sms ke 089653323704.

    Budi

    • Pak Budi, silahkan menghubungi PPPA Ust Yusuf Mansur secara langsung. Tks

    • assalamu’alikum wrwb, kami saat ini sedang membangun madin.karena keterbatasan sumber daya dan dana maka kami mohonkan bantuan dari para dermawan.Syukron jazakumullah khoiron katsiron. contac person budi 081393979494, REC BRI. NO. 6648 – 01 – 011035 – 53 – 5 a/n TPA / TPQ Fatimah Al – Hidayah

      By: anda nda on December 28, 2012
      at 2:13 AM

      Reply

  19. … banyak memberi.. akan banyak menerima….

  20. Assalamualaikum pak ustadz.

    boleh tahu tidak berapa nomer telpon PPPA?

    Or kalo boleh alamatnya.

    Rencana nya nanti pas hari ultah pernikahan kami, kami mau sedekah. Biar dpt anak. thx

    • assalamu’alikum wrwb, kami saat ini sedang membangun madin.karena keterbatasan sumber daya dan dana maka kami mohonkan bantuan dari para dermawan.Syukron jazakumullah khoiron katsiron. contac person budi 081393979494, REC BRI. NO. 6648 – 01 – 011035 – 53 – 5 a/n TPA / TPQ Fatimah Al – Hidayah

  21. subhanalloh…..
    begitu dahsyat ny faedah dr sedekah
    semoga kt semua trmasuk org” yg yakin akan penting ny sedekah
    karna hakekat ny selain menolong orang lain sedekah jg akan menolong diri kita
    aaaammmmiiiinnn
    syukron ya syeihunal kqirom…..

    • assalamu’alikum wrwb, kami saat ini sedang membangun madrasah diniyah.karena keterbatasan sumber daya dan dana maka kami mohonkan bantuan dari para dermawan.Syukron jazakumullah khoiron katsiron. contac person budi 081393979494, REC BRI. NO. 6648 – 01 – 011035 – 53 – 5 a/n TPA / TPQ Fatimah Al – Hidayah

  22. Kapan ustadz Yusuf Mansur memberikan tausyiah lg di mnc tv???
    Mohon doa dan ridhonya pak ustadz supaya hutang kmi cpt terlunasi, usaha kmi sukses dan lancar serta rejeki yg kmi dpt banyak, halal, thoyib, berkah, barokah dan diridhoi Allah,,, aamiin…

  23. Tausiyahnya ringan, tp berbobot mampu menmbulkan inspirasi dan motivasi.
    Meskipun sdh sy baca berulang, tdk bosan bwat baca2 lagi.
    Smg ustd senantiasa fdlm lindunganNya,aamiin

  24. [...] Sumber (LINK) :Like this:SukaBe the first to like this post.   [...]

  25. assalamu’alaikum Pak Ustadz, saya mau menanyakan mengenai keikhlasan dalam bersedekah, apakah amal sedekah kita diterima oleh Allah SWT,jika disisipkan oleh suatu niat atau harapan agar hajat kita dikabulkan oleh Allah SWT,karena bukankah bersedekah itu harus disertai dengan keikhlasan dan tanpa pamrih, misalnya seperti kisah-kisah diatas, bersedekah dengan niat dan alasan agar kita diberikan kesehatan,atau hutangna lunas,dan lain sebagainya. Dan satu lagi Pak Ustadz bagaimanakah hukum sedekah bagi orang yang melakukan zina?dan bagaimana pula mengenai rezekinya? mohon jawabannya Pak Ustadz,,,,,

  26. assalamu’alaikum Pak Ustadz, saya mau menanyakan mengenai keikhlasan dalam bersedekah, apakah amal sedekah kita diterima oleh Allah SWT,jika disisipkan oleh suatu niat atau harapan agar hajat kita dikabulkan oleh Allah SWT,karena bukankah bersedekah itu harus disertai dengan keikhlasan dan tanpa pamrih, misalnya seperti kisah-kisah diatas, bersedekah dengan niat dan alasan agar kita diberikan kesehatan,atau hutangna lunas,dan lain sebagainya. Dan satu lagi Pak Ustadz bagaimanakah hukum sedekah bagi orang yang melakukan zina?dan bagaimana pula mengenai rezekinya? mohon jawabannya Pak Ustadz,,,,,

    • Alaikumsalam Wr wb, Sedekah memang harus ikhlas… namun disisi lain Alloh juga sangat senang kepada hambaNya yang berdoa dan menjadikanNya satu-satunya tempat meminta pertolongan…
      Sedekah harus berasal dari rejeki yang halal, tidak dari hasil zina.

  27. Aku ingin sekali curhat sama ustadz Yusuf,,

  28. wah ceritanya mengesankan semoga kita dapat mengikuti jejak2 mereka yang sukses karna bersedekah

  29. sedekah apa bsa dtngkan jodoh.

  30. assalamuallaikaum pak ustad
    saya baru saja mengundurkan diri dari perusahan bank pemerintahan tenama di indonesia
    perasaan diselimuti oleh uang riba selama 1 tahu, apakah keputusan saya ini benar. pak ustad, memang penghasilan untuk menopang keluarga dari hasil gaji lumayan besar, juga dilain itu ada pandangan menjadi pedadang keliling walaupun sedikit tetapi bukan dari uang riba,,,,, apakah uang riba itu haram pak ustad

    • Alaikumsalam…
      Uang riba memang haram dilihat dari sudut manapun. Insya Allah keputusan tersebut akan mendapat ganti dengan rejeki yang lebih banyak dan barokah. Karena Alloh tidak akan membiarkan hambaNya yang telah berbuat kepatuhan kepadaNya. Amiin…

      • assalamu’alikum wrwb, kami saat ini sedang membangun madin.karena keterbatasan sumber daya dan dana maka kami mohonkan bantuan dari para dermawan.Syukron jazakumullah khoiron katsiron. contac person budi 081393979494, REC BRI. NO. 6648 – 01 – 011035 – 53 – 5 a/n TPA / TPQ Fatimah Al – Hidayah

  31. Subhanallah,walhamdulillah, wa lailaha ilallah, wallahu akbar

  32. [...] Sumber : https://ayobersedekah.wordpress.com/2009/05/29/membeli-kesuksesan-dengan-sedekah-ust-yusuf-mansur/ [...]

  33. Subhanallah, sungguh menakjubkan.

  34. assalamualaikum, ustad ana ikhwan dari jakarta,semalem ini saya dapat semacam bundel berjudul the miracle of sedekah oleh ustad yusuf mansur isinya tentang keajaiban sedekah dan kita diminta mentransfer uang 20.000 ke 4 nomer rekening yang berbeda, nanti kita akan dapat keberkahan dari sedekah itu,uang kita akan bertambah menjadi banyak setelah mentransfer. apakah benar program ini dari ustad?kalo program ini bukan dari ustad mohon kiranya pak ustad untuk mempublikasikan serta untuk menindak lanjuti bersama pihak yang terkait,agar masyarakat tenang.karena secara pribadi saya juga ikut tertarik,lebih-lebih karena saya juga ingin hidupnya berubah menjadi lebih baik,mohon kiranya penjelasan dari ustad,agar apa yang kita sedekahkan itu benar-benar sesuai dg aturan agama dan mendapatkan ridho dari Alloh SWT.kiranya pak ustad berkenan untuk memberi infonya ke 02132191556.terimaksih

  35. Subhanalloh maha suci Alloh dngan kuasanya sya juga sdkit sher banyk skali pengalaman sdkah yg langsung di balas Alloh sy juga salah satu nya banyak merasakan manfaatnya sdekah baik kecil atau pun besar jangan ragu2untk sdekah karna untk kita juga pahalanya.di sinh kam juga mengajak saudara2 para drmawan supaya bsa bersedekah km dar panitia pembangunan MASJID ARRASIDIYAH KP PANGKALAN RT 03 /12 DES WANGUN JAYA KCMTAN CIAMBAR KBUPATEN SUKABUMI JAWABARAT.buat anda yg mau ikt membangun silahkan datang langsung ke alamat d atas.atau bisa konfirmasi ke panitia a/n malik alwi di. Email: alwi.2malik@gmail.com.hp 0857 23073848.termkash. ttd panitia. TAMBAHAN Dan buat anda yg mau jad laeder produk susu higoat hb. web Higoatnetwork.com/?id=ma23xal

  36. trimaksh saudara se iman ku,memang sekrg sya sedang terlilit hutang,mungkin ini cara Allah mengingatkan saya,harus lebih banyak sedekah walau secara keuangan orang tak punya uang,tapi masih punya niat,semoga Allah mengizin saya untuk bersedekah.Amin

  37. subhanallah …

  38. subhanallah… sungguh luar biasa keajaiban sedekah ini….

  39. terima kasih, sangat mencerahkan…
    semoga kita senantaisa bersyukur pada Allah,
    salah stunya dengan selalu bersedekah
    salam

  40. terima kasih, sangat mencerahkan…
    semoga kita senantiasa bersyukur pada Allah,
    salah satunya dengan selalu bersedekah
    salam

  41. subhanallah….slma ini aq sadar, rizki yg qudapat mmg g pnh ckup..mulei detik ini aq akn sllu bersedekah dr stiap rizki yg kuperoleh…
    mg Allah sllu mengingatkanqutuk bersedekah..

  42. Alhamdulillah.,
    jadi tambah semangat buat sedekah nieh., :-)

    • ustad saya mau sedekah…
      Lewat Mana ya?
      kami pengen punya anak…

      Thx ustad

      • Saran saya bisa melalui anak yatim atau pembangunan masjid, kemudian minta doa mereka agar hajat kita terpenuhi

  43. [...] : https://ayobersedekah.wordpress.com/2009/05/29/membeli-kesuksesan-dengan-sedekah-ust-yusuf-mansur/ Diposkan oleh Bermanfaat Bagi (function(d, s, id) { var js, fjs = [...]

  44. indahnya beramal

  45. Amin2 smg dgn mengamalkan sdkh qt di mdhkn sgl urusn dunia dan akirat

  46. Ya Alloh izinkan hamba untuk bisa selalu ringan hati dan sepenuh hati bersedekah. semoga semua hajatku terpenuhi. semoga semakin besar frekuensi dan kuantitas sedekah yag bisa aku berikan

  47. Ass, sy ingin bertnya, sy mempunyai 2orang keponakan yatim yg msh kcil, ibu’y telah menikah lg namun syng.. ibu&ayah tiri’y tdk membiayai keponakan sy itu, bolehkah saya mengeluarkan zakat&sedekah kepada keponakan sy itu? yg skrng ini tinggal & diurus oleh orangtua saya.

    • kedua anak yatim tersebut masih berhak mendapatkan bantuan dari kita hingga mereka dewasa

  48. maaf bukannya su’udzon tapi sekarang mau sedekah kemana…kadang orang orang kaya sekarang ini banyak berprofesi pengemis,banyak dana dana bantuan masjid dana hibah masjid dijadikan milik pribadi oleh pengurusnya,Ya Alloh bersihkan hati ini dari ketidak iklasan karena persangkaan buruk.

    • oleh karena itu sebaiknya kita teliti dahulu sebelum kita bersedekah

  49. semoga kami sekeluarga selalu diringankan oleh Allah swt untuk bersedekah… aamiin!!!

    • aamiin

  50. Ass. pak dedy saya mau tanya , saya pernah dengar ada sedekah harian . Bisa di jelaskan seperti apa bentuknya dan bagaimana untuk bisa berpartisipasinya.

    • Alaikumsalam wr wb, Pak Imam, setau saya yang dimaksud sedekah harian adalah kita “mewajibkan” diri kita setiap hari untuk bersedekah. Nilainya disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.
      Contoh aktifitasnya adalah sebagai berikut :
      Kita berniat untuk bersedekah setiap harinya minimal 10rb. Semenjak kita bangun tidur, kemudian berangkat kerja, hingga pulang kembali ke rumah, kita cari orang-2 yang kita anggap patut menerima sedekah kita.
      Jadi kalau sampai mau pulang ke rumah, sedekah kita masih belum tersalurkan, maka kita harus terus mencari orang yang patut tersebut hingga dapat.
      Demikian jawaban saya.

  51. Assalamu’alaikum,wb,wb

    Ustadz…, saya mao tanya, saya sedang bisnis menjual barang2 yang dibutuhkan oleh orang2 yang saya kenal.., nah uangnya kan menggunakan kartu kredit boleh tidak ustadz??? terima kasih
    mohon do’anay biar saya bisa punya modal sehingga bisnisnya bisa dari modal sendiri….

    Wassalam

    • alaikumsalam wr wb,
      Usahakan dari pinajaman dari orang yg kita kenal saja sehingga tidak perlu bunga. Jika memungkinkan gunakan sistem bagi hasil.
      Semoga Alloh memudahkan urusan kita semua. Aamiin

  52. Yang sangat baik…

  53. Amanah yang sangat baik dan bijak…

  54. subhanallah..allah maha segalanya..

  55. ass.wr.wb..dmana ustad hukumnya seorang bpak,kluarga,saudara menyuruh anaknya bercerai padahal pnya anak dua,selama pisah 8blnan masih hubungan suami istri dgn diam2.dan masih ada cinta istri dan saya..krena aku pnya hutang ampe dkejar2 ,dan mertua menanggung malu.mhon saranya.setiap ktmu istriku dan anak2ku ketahuan keluarganya.istriku dimarahi dan suruh cpat cerai..saya udah blajar sdekah dan infaq.aku udah sholat tahajud,istikharoh,fajr,dhuha.dan sholat taubat kira2 berjalan 3blnan.aku dpet uang dan byar kos.buat makan dan sbagian aku sedekhkan dan aku infaqkan dari istriku jualan dan keuntungan buat saya,trus dmana lg Ustad agar aku satu rumah ama istri dan anak2 ku dan melunasi ampe selesai hutangku,mhon saranya.

    • Alaikumsalam wr wb,
      Sabar dan bertaubat atas segala kesalahan dimasa yang lalu…
      Mungkin keluarga Anda, saking sayangnya dengan istri Anda, sehingga tidak tega melihat dia tidak bahagia. Itu pun tidak bisa disalahkan sepenuhnya. Mereka punya alasan. Namun, percerain bukan solusi satu-satunya.
      Coba beri pengertian kepada istri Anda, bahwa semuanya akan dilalui dengan baik dan akan kembali dalam kondisi yang lebih baik dari sekarang.
      Yakinkan istri Anda. Bersama-sama menjalankan kebaikan demi kebaikan. Salah satunya adalah sodaqoh.
      Tidak ada orang yang tidak pernah berbuat kesalahan. Namun orang yang baik adalah yang tidak mengulangi kesalahan yang sama.
      Anak dan istri adalah tanggung jawab Anda. Usahakan yang terbaik untuk mereka.
      Tetap lakukan ibadah yang sudah berjalan. Berdoa dan khusnudzon kepada Alloh.
      Insya Alloh semuanya akan baik-baik saja. Aamiin…

  56. Assalamu’alaikum Ustadz…. nama saya Bayu, saya dapat pinjaman uang dari adik saya sebesar 56 jt, itu terjadi jika saya bisa membantu adik saya membayarkan kredit mobilnya setiap bulan selama uangnya masih saya pinjam, bagi saya itu tidak masalah hitung2 membantu adik dan saya dapat modal untuk usaha. Awalnya usaha lancar akan tetapi baru berjalan sekitar 3 bulan usaha mulai macet. Yang saya mau tanyakan bolehkah saya bersedekah dengan menggunakan uang pinjaman dari adik saya tersebut? Sementara saya ingin bisa bersedekah minimal 10% dari uang pinjaman itu. Terimakasih.. Wassalau’alaikum..

    • Alaikumsalam,
      Boleh saja… Namun perlu diingat jangan sampai janji Anda untuk membantu angsuran Adik menjadi terlupakan.
      Jalankan usaha dengan penuh tanggung jawab. Sodaqoh, niatkan untuk kebaikan Anda dan adik Anda.
      Harus yakin, dengan bersodaqoh, semua masalah bisa teratasi. Insya Alloh…

      • Alhamdulillah, terimakasih atas pandangannya Ustadz, semoga Allah SWT selalu memberikan jalan yang baik bagi kita semua. Dan atas pencerahan ini saya jadi lega. Wassalamu’alaukum..alaukum..
        Powered by Telkomsel BlackBerry®

    • assalamu’alikum wrwb, kami saat ini sedang membangun madin.karena keterbatasan sumber daya dan dana maka kami mohonkan bantuan dari para dermawan.Syukron jazakumullah khoiron katsiron. contac person budi 081393979494, REC BRI. NO. 6648 – 01 – 011035 – 53 – 5 a/n TPA / TPQ Fatimah Al – Hidayah

  57. assalamualaikum…pak ustad saya mau bertanya…perihal masalah perjodohan…begini saya adalah anak pertama dari dua bersaudara…kedua orang tua saya…menjodohkan saya dengan seorang laki2 yang sebenarnya sudah lama kenal…tapi sya kurang suka dengan dia…dan juga karena saya sudah punya pilihan yang lain..saya sudah pernah membawa pilihan saya pada ortu saya, namun respon mereka sangat negatif..terlebih kedua ortu saya selalu bawa soal suku…dan mereka memaksa saya tuk menikah dengan calaon pilihannya…/1111 jika say menentang apakah saya termasuk anak yang deeurhaka???

    • Alaikumsalam,
      Bicarakan baik-baik dengan orang tua Anda.
      Bisa jadi ini akan membutuhkan waktu yang panjang. Sabar dan doa, jangan sampai hilang.
      Sholat istikharoh jangan lupa, mohon petunjuk Alloh… Sodaqoh, niatkan untuk minta petunjuk-Nya dan jalan keluar.
      Dan jangan sampai keluar kata-kata yang tidak baik kepada kedua orang tua kita.
      Mudah-mudahan segera teratasi masalahnya. Aamiin…

  58. Aslkm,pak ustad sy mau sering,,sy pnya mslh,knp sy sllu d ksh cobaan dlm bentuk keuangan,sdgkan stiap bln,sy sllu nyisihkan buat ortu dan membantu membiayai adik sy sekolah wlpn sdikit.tp entah knp,sllu k jadian dgn k ilangan duit,serba k kurangan,sehingga sy terbelit mslh hutang,dan itu blm dpt sy lunasi,dah gitu pcr sy
    Mau cpt2 mau minta d nikahi sm sy,sdgngkn sy g pnya duit..tp sy g mau cerita k ortu,krna takut sedih..sy mohon solusi dan pencerahan dr pak ustad.trm ksh.frm ridwan,

    • Alaikumsalam,
      Yakinlah bahwa Alloh menghendaki kebaikan untuk Anda.
      Hanya saja, kita harus ikhlas menjalani ibadah kita.
      Yang mas lakukan sudah baik, teruskanlah.
      Sembari instrospeksi, mungkin masih ada hal-hal yang negatif yang harus dibuang.
      Semoga Alloh segera mengangkat segala permasalahan mas selama ini. Aamiin…

  59. SEDEKAH,,,,???
    اِنْ شَآ ءَ اللّهُ
    Banyak jalan yg di berikan oleh Allah dengan bersedekah

  60. sedekah memang mujarab bgi sya…….sdah bxak mamnfaat yg sy dpat dri sedekah………

  61. Subhanallah…

  62. ass.wr.wb pak ustad saya mau tanya apa yang hrus sya lakukan soalnya setelah menikah banyak sekali permaslahan keluarga, banyak utang, susah cri pekerjaan. Sya udah berusaha sbar tpi kadang malah bnyak masalah datng sampai kadng saya merasa allah g’ adil. Walaupun sya sadar allah selalu sayng pda hmbanya.

    • alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh….
      Ketika Alloh sayang kepada hambaNya, Dia akan mengujinya dengan berbagai masalah hingga hambanya semakin mendekatkan diri kepadaNya. Dan Alloh akan tersenyum melihatnya. Walaupun terasa “sakit” bagi hambanya, namun Alloh tahu kadar kemampuan hambaNya atas ujian yang diberikan. Tidak akan melebihi kemampuannya. Dan ketahuilah, banyak kita sukses di akhirat ketika di dunia hidupnya banyak ujian dengan masalah keuangan/kemiskinan dibanding diuji dengan kekayaan.
      Tetap khusnudzon kepada Alloh. Jika ada masalah, selesaikan satu per satu. Jangan lupa sodakoh dan ibadah wajib ditingkatkan.
      Semoga dengan kesabaran pula Alloh segera mengganti ujian tangisan dengan kebahagiaan dunia akhirat. Tapi ingat, ketika sudah bahagia, jangan lupakan Alloh.

  63. Assalamualaikim ustad,

    Ustad, sy mau bertanya perkara mana yang mesti didahulukan, apakah menafkahi keluarga atau bersedekah kepada kaum dhuafa?

    Saya seorang istri, hamil 3 bulan, sudah 2 bulan ini tidak mendapat nafkah dr suami. Akhirnya sy pulang kerumah orang tua, agar bisa mendapatkan makanan dan perlindungan semasa tidak dinafkahi suami ini. Alasan suami tidak menafkahi adalah sedang usaha mencari nafkah. 1 bulan saya kuat membiayai sendiri kehidupan, namun di bulan ke 2 sy sudah tidak sanggup lagi.

    Lalu kini suami sudah ada rejeki, namun tetap tidak menafkahi. Hutang biaya hidup yang sempat saya keluarkankan pun sulit untuk diminta kembali. Sekarang sy bingung, mau membeli makanan sehat, kontrol ke dokter, uang bayar sendiri. Sayapun masih membiayai hidup orang tua. Sementara disisi lain suami sudah berpenghasilan dan rajin bersedekah kepada kaum dhuafa. Rajin puasa. Saya bingung menghadapi dia ustad, begitu berkasih sayang kepada kaum dhuafa namun lalai terhadap keluarganya. Mohon nasihatnya.

    Terimakasih sebelumnya
    Wassalamuakaikum

  64. Alaikum salam wr wb,
    Sedekah paling utama adalah kepada keluarga terdekat. Jika sudah berkeluarga, maka istri dan anak adalah yang paling utama. Karena mereka adalah tanggung jawab seorang suami. Cobalah untuk tetap istiqomah mengingatkan suami akan kewajibannya menafkahi istri dan anaknya terlebih dahulu. Tetaplah sabar atas segala hasilnya. Tetap khusnudzon kepada Alloh.
    Tindakan Ibu/Mbak untuk kembali ke orang tua, bisa dipahami dan dimaklumi apalagi saat ini sedang berbadan dua.
    Tetap doakan suami agar segera tersadar dari kesalahannya.
    Semoga Alloh segera mengangkat segala masalah yang ada. Aamiin…

    • Amiin ya robbalalamiin, terimakasih doa dan nasihatnya ustad

  65. subhanallah..bagus sekali kisah dari Ustadz. terima kasih ya, insya Allah akan saya terapkan. Namun , saya ingin tanyakan, bagaimana cara untuk berkonsultasi langsung dengan Ustadz Mansyur??

  66. Assalamualaikum wr.wb.pak ustad saya pengen sekali punya rumah dan punya usaha.tp saya dari keluarga tak mampu.anak saya dua.suami bekerja sbg sopir.saya ingin sekali keinginan sy terwujud.tp saya bingung tiap bulan jg hrs byr hutang,byr sekolah,buat makan sekeluarga.saya msh numpang ama orangtua.mau tdk mau sy jg hrs bantu untuk keperluan sehari2.apa yg hrs sy lakukan ustadz agar impian sy terwujud?apa sy hrs jg sodaqoh?

    • Alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh,
      Semua orang punya cita-cita. Seorang Ibu ingin keluarganya berkecukupan, ingin anak-anaknya terjamin masa depannya, bisa sekolah tinggi dan sukses. Tapi ingatlah bahwa Alloh SWT mempunyai rencana yang terbaik untuk kita. Kebaikan yang diinginkan oleh-Nya tentunya kebaikan diakhirat sebab dunia dimata Alloh tidak ada artinya sama sekali.
      Ibu, sebaiknya tidak mengukur keberhasilan kehidupan dari hanya kecukupan materi. Kesehatan keluarga, kerukunan anak-anak, merupakan rejeki yang tidak bisa dinilai dari materi. Kita selalu melihat orang lain yang materinya berlebihan adalah orang yang lebih sukses daripada kita. Itu salah.
      Lebih mulia bagi kita adalah mensyukuri apa yang sudah kita rasakan selama ini. Lihatlah sekeliling Ibu, pasti ada orang yang hidupnya lebih susah.
      Dan perlu diingat adalah yang membuat hidup kehilangan ketenangan adalah ketika kita menginginkan sesuatu yang lebih dan lebih dari yang telah dikarunikan Alloh kepada kita saat ini.
      Lihatlah kebawah untuk urusan dunia dan lihatlah keatas untuk urusan akhirat.
      Pendidikan formal bagi anak-anak adalah penting, tapi lebih penting dan mulia adalah keimanan dan ketaqwaan yang tertanam dalam hati anak-anak kita di mata Alloh SWT.
      Dalam arti kata lain, yang dimuliakan di mata Alloh adalah lebih penting daripada yang di mata manusia.
      Namun demikian, usaha/ikhtiar tetaplah harus kita laksanakan karena Alloh pun menyuruh kita demikian.
      Sodaqoh adalah salah satu jalan keluar untuk mengatasi masalah hidup kita dan jalan menuju tercapainya hajat kita.
      Perbanyak sodaqoh, perluas sodaqoh….
      Semoga Alloh memberikan kesabaran dan kekuatan iman kepada kita semua…

  67. subhanallah, sebelum saya googling dengan dunia sedekah di luar sana, saya telah menghayati ilmu sedekah dari (alm.) ayah saya dan saya benar-benar telah merasakan kedahsyatan sedekah ayah saya sampai sekarang. allahuakbar.

  68. ASSALAMUALAIKUM..WR..WB..USTADZ YUSUF MANSUR,,
    ane mamun dibekasi,, saya lg punya masalaaah ustadz di kejar utang bank sm rentenir,gmana carraa nya biar utang sy cepet lunas klu bisa besok sdh lunas..sy mohon doa dan saran nya pak ustadz.sy sdh berusaha kemana2 tp blm ketemu solusi nya. sy sekarang kabur dari utang karena takut di bunuh rentenir.memang sy akui jarang ibadah.kalau lg susah sm keblangsak rajin ibadah giliran senang sedikit jd lupa ibadah nya. mohon doa nya biar selamat urussan dunia dan akhiratnya. AMIIN YAA ROBBALAALAMIIN..
    WASSALAMUALAIKUM..

    MAMUN dibekasi

  69. Suami saya terjerat hutang dengan teman bisnisnya. Hutang semakin bertambah kesana sin dengan maksud mendapat modal hingga bisa membayar hutang tp semua itu gagal, hingga kami jadi banyak hutang. Tolong bimmbing saya keluar dari jeratan hutang ini, kami punya 3 anak. Tolong doakan kami, kalau bs sy diberitahu bagaianna bs konsultasi lgsg dgn pak ustad yusuf mansyur.

    • Masalah utama manusia adalah keinginan yang lebih dari sekedarnya dalam kehidupan dunia ini. Terbukti orang yg hidup tidak diperbudak dunia, hidupnya tentram. Cobalah terapkan apa yg sudah diajarkan guru kita Ust. Yusuf Mansur. Dengan kekuatan sodakoh, masalah kita akan segera teratasi. Aamiin….

  70. Assallammualaikum wwb….pa ustat sy jg byk hutang tlg dong bgmn carax untuk solusi sy….bs minta no hp ustad kah??syukron wassallam….

    • Alaikumsalam, silahkan menerapkan apa yang sudah diajarkan Ust. Yusuf Mansur disini. Semoga masalahnya segera diangkat oleh Alloh SWT…aamiin

  71. assalamuallaikum warohmatullahi wabarakatuh

  72. asslmlkm pa ustad,saya mau bertanya doa apa yang harus saya baca untuk istri saya yang tidak pernah jujur tentang hutangnya,soalnya sering kali saya harus terima kabar bahwa istri saya berhutang di orang atau disiapapun,apa solusinya pa ustad

    • ajak bicara baik-baik. Jelaskan resikonya untuk rumah tangga jika tidak ada komunikasi yang baik. Berdoa dan bersodaqoh dengan niatan untuk mengubah kepribadian istri agar menjadi lebih baik. Insya Alloh segera teratasi masalahnya. Aamiin

  73. Ass…pak ust…mohan maaf sebelumnya pak karna yg saya tanyakan diluar tema diatas…pak dosakah kita jika kita memarahi anak yatim karena demi kebaikan anak yatim tersebut…

    • Marah tetap pada porsinya, tanpa melukai hati dan fisiknya, insya Alloh karena demi kebaikan.

  74. Assalamualaikum Pak Usatad saya mau tanya sedekah yang baik itu kaya apa? Jujur dulu saya ga begitu percaya sama keajaiban sedekah tapi baru kemarin-kemarin saya percaya bahwa kalo bersedekah itu dapat balasan 10x lipat. Apakah salah dan berdosa jika sedekah mengharapkan balasan dari ALLAH SWT? masalahnya hampir semua orang itu bersedekah selalu mengharapkan balasan apa itu di dunia atau nanti di akherat. apakah itu termasuk kategori ikhlas jika mengharap ridho dan balasan dari ALLAH SWT? terima kasih wassalam…

    • Insya Alloh sodaqoh kita akan tetap diterima Nya. Jika kita berharap balasan pun dengan sodaqoh tsb, insya Alloh diperbolehkan karena Alloh juga senang jika kita meminta kepada Nya.

  75. saya sudah bersedekah ke beberapa panti asuhan, tapi koq hutang saya gak lunas lunas yaak…..

  76. ass.. kenapa gw dh beberapa thn sering tahajud, puasa, dzikir, sedekah dll tp nasib gk berubah. gw tambah susah nyari jodoh dan rejeki. gw sering dijahati org dll. krn gw sejak kecil fisik nya lemah dan gw terlalu lugu shg org gk ada yg takut kpd gw. shg org tega jahat kpd gw krn gw dianggap gk berdaya utk membela diri gw.

  77. ass.. knp gw dh beberapa thn sering tahajud, puasa, dzikir dll tp nasib tdk berubah. tetap saja nasib gw spt org bodoh dan lemah. gw nyari jodoh dan rejeki tdk becus. gw sering dijahati org tanpa sebab yg jelas. gw kurang dipedulikan dan kurang dihargai masyarakat dll. lebaran ini juga gw tdk punya uang sepeserpun. tetangga, kerabat, teman juga jarang ada yg mau silaturahmi dg gw. gw dianggap gk penting.

  78. i wanna to live more better and lovely God…

  79. ass.. kenapa gw gk pernah dianggap benar di mata org? gw krja salah (dianggap tdk memenuhi syarat). gw nganggur salah (dianggap tdk berguna). gw pngn nikah salah (dianggap gk kuat menahan nafsu). gw gk mau nikah salah (dianggap tdk normal). gw kalau dijahati org diam saja salah (dianggap pengecut). gw kalau dijahati org balas dendam salah (dianggap tdk sabar). gw olahraga salah (dianggap gk becus). gw gk olahraga salah (dianggap males). gw bergaul salah (dianggap org aneh dan langka). gw gk gaul salah (dianggap cupu dan kuper)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 45 other followers

%d bloggers like this: