Posted by: dedywidjaya | September 8, 2009

Sedekah, Investasi Menggiurkan dengan Allah

Taken from http://gendo.blog.friendster.com/01/11/23/58/sedekah-investasi-menggiurkan-dengan-allah/

“Barangsiapa berbuat kebaikan mendapatkan balasan sepuluh kali lipat amalnya. Dan barangsiapa berbuat kejahatan dibalas seimbang dengan kejahatannya. Mereka sedikit pun tidak dirugikan (dizalimi)” QS Al An’ãm (6) ayat 160

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui” QS Al-Baqarah (2) ayat 261

***
Sore tadi, sepanjang perjalanan pulang dari rumah kakak ke-4 saya yang ada di bilangan Parung, saya mendengarkan ceramah dari Ustadz Yusuf Mansur di salah satu channel radio. Beliau memang salah satu ustadz yang menggalakkan program sedekah, karena menurut beliau sedekah itu banyak fadhilatnya, salah satunya menolak bala. Beliau juga sedang menggalakkan program sedekah untuk menyelamatkan bangsa (see related info in here).
Beberapa cerita, baik yang beliau alami maupun yang beliau lihat seperti dibawah ini (ini seingat saya ya, mohon maaf jika ada kesalahan).

1. Kisah kandungan sungsang, jadi harus di caesar.
Disini beliau bercerita, ada seorang bapak datang meminta dido’akan oleh beliau. Istri si bapak ini akan melahirkan, dan kemungkinan besar akan di caesar karena anaknya lahir sungsang. Oleh ustadz Yusuf Mansur, nih bapak diminta mengeluarkan harta 10 persen dari uang yang dia punyai. Jika dia punya 8 juta, makan sedekahkan 800 ribu. Namun si bapak ini merasa agak keberatan, dia tetap minta didoakan saja. Hingga saat si bapak hendak pamitan, dia masih keberatan mengeluarkan 10% dari uang yang dia punyai. Ustadz Yusuf Mansur hanya bilang, ingin anaknya bisa lahir dengan normal atau tidak? Mungkin dengan mengeluarkan sedekah, Allah akan mempermudah urusan kelahiran istri si bapak ini. Yowes, si bapak akhirnya pulang juga. Lalu dia berubah pikiran dan segera mengeluarkan sedekah sebesar 1.2 juta rupiah (karena ternyata saat itu dia memiliki uang 12 juta rupiah).

Lalu ternyata anaknya lahir dengan normal, tanpa operasi caesar. Setelah itu, seperti biasa si bapak ini mendapat kunjungan dari sanak family ataupun teman”nya. Dan ternyata mendapatkan amplop, dan subhanallah isi amplop tersebut sebesar 12 juta rupiah. Sama persis dengan perkalian 10x sedekah yang dia dikeluarkan.

2. Kisah saat istri ustadz Yusuf Mansyur akan melahirkan.
Karena beliau sendiri mempunya konsep sedekah dalam hidupnya. Maka jika beliau ingin istrinya dapat melahirkan dengan selamat, maka beliau harus berusaha menbantu orang yang akan melahirkan namun mengalami kesulitan dalam hal finansial. Beberapa kali dia mencari” orang yang kira” bisa dibantu. Sampai suatu saat, beliau mendapatkan sms berisi permohonan dana untuk seseorang yang akan melahirkan, biayanya 600 ribu. Namun saat itu beliau hanya ada 500 ribu, akhirnya beliau mensedekahkan sebesar 500 ribu. Alhamdulillah, sungguh istri beliau melahirkan secara normal dan dalam waktu yang singkat sekali. Beliau sendiri menyaksikan proses persalinan tersebut. Beliau berkata setiap bukaan, mulai dari bukaan 4 hingga 8 beliau selalu memberi kabar kondisi istrinya kepada teman” beliau. Suatu saat, beliau mendapat sms dari seseorang yang mengabarkan telah mentrasfer uang sebesar 500 ribu untuk beliau. Alhamdulillah, walaupun Allah tidak mengganti dengan 10x lipat, tapi Allah telah memberikan kemudahan dalam proses persalinan istri beliau plus mengganti uang yang beliau sedekahkan untuk membantu orang lain yang kesulitan dana dalam persalinan.

3. Kisah pengusaha chemical industry yang hampir bangkrut.
Seorang pengusaha datang, dia mengatakan bahwa perusahaannya sudah carut marut dan akan bangkrut. Lalu kata ustadz (saya lupa, yang dimaksud ustadz disini adalah ustadz Yusuf Mansyur atau lainnya), sedekahkan harta yang ia cintainya. Sang ustadz melihat sedan pengusaha tersebut. Lalu pengusaha tersebut ragu dan bilang jika mobil tersebut sebentar lagi akan disita oleh bank. Sang ustadz berkata, daripada disita oleh bank, lebih baik di sedekahkan. Akhirnya pengusaha tersebut meninggalkan mobil tersebut untuk disedekahkan.

Well, beberapa hari kemudian, si pengusaha mendapat kunjungan dari teman sesama pengusaha chemical industry. Teman pengusaha tersebut sedang berada di jakarta selama 2 minggu dan berangkat dengan menggunakan kendaraan mobil bersama sopir.

Setiap saat, teman pengusaha ini minta ditemani oleh si pengusaha, entah untuk rapat ataupun mengunjungi pengusaha yang lainnya. Saat akan meninggalkan jakarta, teman pengusaha ini minta dibelikan tiket pesawat. Si sopir jadi bingung mobilnya mau dikemanakan. Ternyata teman pengusaha tersebut memberikan mobil tersebut kepada si pengusaha ini dan juga memberikan tambahan modal. Subhanallah, perusahaan tersebut tidak jadi kolaps.

4. Kisah ibu yang sakit tidak mampu berjalan kaki.
Ada seorang ustadz yang didatangi seorang ibu. Sang ibu meminta didoakan oleh ustadz tersebut agar penyakitnya cepat sembuh. Ternyata si ustadz ini tipe yang tidak banyak omong, beliau hanya berkata apakah si ibu mempunyai sesuatu yang dicintainya. Si ibu mengiyakan, dia mempunyai sebidang tanah, tapi tanah tersebut rencananya akan dibagikan kepada anak”nya dan dia harus meminta persetujuan anak”nya. Akhirnya anak”nya dipanggil dan mereka ikhlas mensedekahkan tanah tersebut.

Beberapa hari kemudian si ibu itu kembali menemui sang ustadz, dan dia ternyata sudah bisa berjalan. Dia berterima kasih kepada sang ustadz karena telah mendoakannya. Namun sang Ustadz berkata dia tidak mendoakan si ibu tersebut, menurut beliau yang mendoakan tanah yang disedekahkan.

***

Subhanallah, Maha Suci Allah. Ternyata begitu banyak hikmah dari sedekah yang kita keluarkan secara ikhlas. Matematika Allah sudah pasti yaitu 10x lipat Allah akan menggantinya. Entah itu dalam bentuk langsung seperti kisah 1, ataupun dalam bentuk terhindarkan dari penyakit seperti kisah 4.

Bahkan Allah dapat menggantikan infak yang kita lakukan hingga 700x lipat. Sungguh investasi yang paling menggiurkan adalah investasi dengan Allah ini.

Tapi perlu diingat juga, terkadang ‘pohon investasi sedekah’ yang telah kita bina, bisa saja menjadi tidak ’subur’ karena perbuatan” dosa yang kita lakukan. Harusnya Allah dalam waktu 1 bulan akan mengganti 10x lipat, namun berkurang karena kita masih bermaksiat, masih menzalimi orang lain. Mungkin yang kita terima menjadi 3x lipat saja, dikarenakan telah terkurangi oleh perbuatan” kita yang tidak disukai oleh Allah.

Fastabiqul Khoyrot

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 45 other followers

%d bloggers like this: