Posted by: dedywidjaya | July 3, 2009

Kisah Keajaiban Sedekah dari P. Batam

Taken from : http://alumniwamika.wordpress.com/2008/08/21/jadi-kaya-dengan-sedekah/

Pulau Batam

Pulau Batam

Tengoklah surat Al An’aam ayat 160 yang berbunyi, “Barangsiapa membawa amal yang baik, maka baginya pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barangsiapa yang membawa perbuatan yang jahat, maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan).”

Dari penjabaran ayat tersebut, Allah telah berjanji akan melipatgandakan segala bentuk amal perbuatan baik kita. Bahkan sampai sepuluh kali lipatnya. Apakah kita pantas meragukan firman Allah SWT tersebut?

Melengkapi rangkaian roadshownya ke berbagai daerah di Sumatra, Senin, 30 Mei 2005 lalu, Ustad Yusuf memenuhi undangan salah satu pejabat Pulau Batam, H. Soerya Respationo, SH.

Soerya, yang merupakan salah satu calon wakil gubernur ini (berpasangan dengan calon gubernur H. Nyat Kadir) dan istrinya Dra. Rekaveny adalah pasangan suami istri yang dikenal dermawan di Batam. Mereka tak pernah sungkan menggelontorkan sejumlah uang dari kocek untuk membantu wong cilik. Bahkan Soerya mendapat julukan “Bapak Wong Cilik”

Konon bisa sampai ratusan juta rupiah uang yang mereka alokasikan untuk membantu wong cilik Batam, setiap bulannya. Dan mereka melakukannya tanpa pilih-pilih dan tanpa pamrih. Mungkin itu sebabnya harta yang mereka miliki seolah tak habis sampai tujuh turunan.

Merasa memiliki kesamaan konsep dengan Ustad Yusuf Mansur, maka melalui Majelis Taklim Humairah yang dipimpin oleh Rekaveny sendiri, mereka sengaja mengundang ustad pemilik pesantren Daarul Quran ini.

Perhelatan besar ini termasuk mendadak. Kebetulan Yusuf Mansur sedang di kawasan Sumatra, alangkah baiknya jika ia bisa singgah di Batam. Tapi kala itu keluarga Soerya-Venny sedang sibuk sosialisasi di masyarakat Kepri (Kepulauan Riau). Niat baik Yusuf sempat ditunda sehabis Pilkada. Tahunya Venny tetap menyelipkan hal ini di sela rapat Majelis Taklimnya. Acara yang sedianya akan diadakan kecil-kecilan, berkembang menjadi besar di Masjid Raya Batam.

Langsung Venny dan anak buahnya mengatur semua, termasuk membuat undangan dan diumumkan di Batam Post sehari sebelumnya. Alhamdulillah sambutan jamaah luar biasa, masjid disesaki ratusan ibu-ibu untuk mendengar taushiyah ustad baby face ini.

Dalam taushiyahnya itu, Ustad Yusuf menuturkan sebuah kisah yang membuka mata dan hati kita akan makna sedekah. Dahulu kala ada seorang Imam yang bernama Hasan Basri. Suatu hari ia kedatangan enam orang tamu. Namun sayangnya ia hanya mempunyai sebuah roti untuk disuguhkan. Tentu saja tak mungkin membagi sebuah roti itu untuk keenam tamunya.

Tidak mau pusing, sang imam lantas memerintahkan pembantunya untuk menyedekahkan roti itu pada tetangganya yang lebih membutuhkan. Tak lama kemudian datanglah seorang tamu lagi sambil membawa dua buah roti untuk Hasan Basri, tapi ditolaknya!

“Roti ini pasti salah alamat, ini bukan untukku.” Jawab imam singkat, membuat tamu yang membawa roti tadi bingung dan pulang. Pembantu sang imam lantas bertanya, mengapa ia yakin sekali roti itu bukan untuknya.

“Karena kalau roti itu memang untukku, jumlahnya pasti sepuluh, bukan dua!” jawabnya lagi dengan tenang. Di tengah keheranan si pembantu, tamu yang membawa roti tadi kembali, kali ini telah menambahkan roti hadiahnya menjadi sepuluh buah. Rupanya sebelum pulang tadi, ia sempat mengetahui kalau sang imam sedang kedatangan tamu.

“Nah, ini benar untukku,” terima imam dengan senang hati. Maka kesepuluh roti tadi dibagikan kepada keenam tamunya, pembantunya, seorang anaknya, dan dua sisanya disimpan.

Dari kisah tersebut Allah telah menunjukkan betapa maha kayanya Dia. Allah pasti akan memberikan balasan setimpal atas perbuatan baik kita. Bahkan ustad Yusuf yakin benar kalau dalam waktu tujuh hari kita akan merasakan “hasil” dari sedekah kita.

“Banyak kejadian yang membuktikan itu. Dengan sedekah hutang menjadi lunas, miskin menjadi kaya, susah menjadi senang, masalah mendapat solusi.” Bebernya semangat.

Dari perjalanannya ke berbagai daerah, ustad ganteng yang suka memakai baju putih ini banyak menemukan fenomena keajaiban sedekah. Ketika sore harinya, menjelang Magrib, taushiyah dilanjutkan di kediaman Soerya, di kawasan Duta Mas, ustad Yusuf lalu menuturkan beberapa kisah ajaib itu.

Ada seorang temannya yang bernama Mubalighun. Suatu ketika ia ditimpa masalah berat. Karena selalu berhutang dan dikejar debt collector, istrinya tidak tahan dan minta cerai. Nah, pada suatu malam senin, dia merasa dunia akan kiamat baginya, karena pada keesokan harinya rumahnya akan disita, istrinya menunggu di pengadilan agama, dan anak sulungnya akan dikeluarkan dari sekolah akibat terlalu lama menunggak bayaran.

“Pokoknya Mubalighun depresi berat dan bahkan berniat bunuh diri malam itu juga,” paparnya.
Untungnya dia cepat beristighfar akan niat buruknya itu. Semalaman dia merenung dan teringat masih punya simpanan sekitar tiga ratus ribu rupiah. Mengingat janji Allah di surat Al An’aam itu, malam itu juga ia bagikan uang itu pada fakir miskin.

Masya Allah, esok paginya tanpa disangka ia kedatangan teman lamanya yang menawarkan pekerjaan, bahkan menyediakan dana awal sampai 25 juta rupiah. Dana yang lebih dari cukup untuk melunasi hutang-hutangnya dan menyelamatkan rumahnya dari sitaan. Tak disangkanya lagi, sepulangnya dari bank untuk menerima uang itu, tiba-tiba istrinya sudah ada di rumah bersama anak bungsunya.

Singkat cerita hari itu juga permasalahan Mubalighun selesai. Rumah tetap dimiliki, istri tak jadi menuntut cerai, dan anak sulungnya bisa tetap bersekolah. Padahal hanya 300 ribu rupiah yang disedekahkan Mubalighun, tapi lihatlah hasilnya, malah tak sampai tujuh hari.

Ada juga kisah seorang tukang bubur yang mengorbankan uangnya untuk biaya pengobatan orang tuanya. Apa yang terjadi? Begitu angka tabungannya di sebuah bank mencapai lima juta rupiah, ia mendapat hadiah sebuah mobil Mercy.

“Begitu banyak keajaiban yang terjadi gara-gara sedekah. Makanya sekarang jangan ragu sedekah. Jangan mikir uang tinggal sedikit, sedekahin saja. Justru semakin berat kita menyerahkan sejumlah uang untuk sedekah, Insya Allah balasan Allah semakin dasyat!”

Memang patokan tujuh hari itu tidak mutlak. Semua tetap tergantung Allah. Bisa lebih lama, bahkan lebih cepat. Tapi umumnya begitu. Syaratnya buka mata lebar-lebar untuk “merasakan” hasil sedekah itu.

Yang jelas, faedah sedekah ada empat, yaitu dapat menolak bala, mendatangkan rezeki, menyembuhkan penyakit, dan memanjangkan umur. “Kalau sampai tujuh hari kita merasa tidak mendapat apa-apa, bisa jadi kita dipanjangkan umur,” tambahnya lagi penuh keyakinan.

Dalam kesempatan ini, Ny. Hasyimah, istri H. Nyat Kadir, membenarkan fenomena keajaiban sedekah. Suatu hari dalam sebuah acara ia ingin menyumbang sejuta, tapi entah kenapa rasanya berat sekali mengeluarkan uang itu. Akhirnya ia hanya menyumbang 500 ribu, namun apa yang didapatnya? Sejak itu ada saja uangnya keluar untuk berbagai keperluan. Jumlahnya sampai berlipat. Andai saja ia jadi menyumbang sejuta, ia yakin keadaannya tak akan seburuk itu.

Sedekah Untuk Membangun Usaha Spiritual

Gaya ceramah ustad yang satu ini memang agak lain. Biasanya penceramah muncul dari depan atau samping panggung, ia justru datang dari belakang, menyapa jamaah paling belakang dan berjalan ke podium. Biasanya ia muncul sepuluh menit sebelum acara dimulai. Dan gaya orasinya san> gat provokatif, berapi-api, membakar semangat, membuat yang mendengarnya ingin langsung bertindak.

Dalam berceramah, ia tak hanya berdiri kaku di mimbar, ia akan berjalan menghampiri penonton dan berdialog dengan mereka. Suasananya jadi dialogis dan akrab. Itulah sebabnya acara tersebut lebih tepat diadakan di ruangan tertutup dan tanpa kehadiran anak kecil.

“Karena saya membutuhkan kefokusan mereka. Dengan hadirnya anak kecil yang lari-lari misalnya, sudah beda konsentrasinya,” jelasnya.

Ia juga kerap melengkapi taushiyahnya dengan simulasi dan permainan, supaya lebih menarik dan menghibur. Tapi hasilnya luar biasa. Jangan heran kalau sekali ceramah di hotel berbintang, bisa ratusan juta terkumpul untuk sedekah.

“Yang nggak bawa uangpun tidak sungkan menyerahkan hp, jam tangan, perhiasan, cek, bahkan tak jarang banyak yang menenteng tangan saya menuju ATM,” ujarnya tertawa.

Uang dan barang yang terkumpul itu lalu ia serahkan ke panitia setempat untuk disumbangkan pada yang membutuhkan. Itu sengaja ia lakukan agar ia tak dicap sebagai ustad pembawa uang sedekah.

Setiap insan perlu mempelajari ilmu sedekah. Meskipun terdengar sederhana dan simpel, tapi sedekah mampu membangun usaha spiritual. Walaupun terdengar tak lazim tapi sedekah mampu membersihkan harta yang kita miliki dan mampu menggolkan proyek yang kita incar, Insya Allah.

Ambillah contoh, anda sebagai seorang pengusaha sedang mengincar sebuah proyek. Biasanya dalam dunia bisnis, orang suka main sikut sana-sikut sini, menyogok, atau memakai uang pelicin. Sekarang gantilah sogokan anda dengan membiayai seribu anak yatim piatu dan anak jalanan. Kalau kita boleh bergurau sama Allah, istilahnya kita menyogok-Nya. Insya Allah proyek itu gol. Karena Allah yang memiliki dunia dan seisinya, maka berharaplah dari-Nya, jangan dari manusia. Apa yang bisa manusia berikan pada kita?

Sekarang bayangkanlah keuntungan yang akan anda dapatkan jika berhasil dalam suatu hal, maka langsung saja 2,5%nya disedekahkan dimuka. Misalnya anda akan memperoleh seratus juta, maka sebelum memperoleh keuntungan itu, gelontorkanlah uang dari kocek anda sejumlah dua setengah juta rupiah untuk sedekah. Tidak besar, kan?

Kalaupun setelah sedekah, proyek anda tetap gagal, yakinlah ada hikmah dibalik itu dan yakinlah Allah akan menggantinya dalam bentuk lain. Karena Dia lebih tahu yang terbaik buat kita dan apa yang kita harapkan belum tentu yang terbaik.

Hal ini pernah dialami oleh seorang pengusaha bijih plastik. Saat itu ia ingin sekali tendernya di suatu wilayah tembus. Sebagai ganti sogokan ke pemda setempat, ia memilih sedekah. Namun apa yang terjadi? Ia tak mendapatkan tender tersebut. Kecewa? Pasti! Dan itu wajar dialami manusia. Di tengah kekecewaan itu ia mampir di sebuah restoran untuk makan siang. Tanpa disangkanya salah seorang teman SMA-nya juga makan di sana dan ajaibnya mereka berusaha di bidang yang sama. Akhirnya terjalin kesepakatan di antara mereka untuk berbisnis dan si teman langsung meneken cek sebagai uang muka. Subhanallah bukan?

Jadi, apa anda masih meragukan faedah sedekah? Bukan hanya orang kaya yang wajib sedekah, yang merasa miskinpun harus sedekah kalau menjadi kaya. Yang mau sembuh dari penyakitnya, sedekah! Yang mau melunasi hutangnya, sedekah! Yang mau mendapatkan solusi dari masalahnya, sedekah! Karena sedekah bisa memancing rezeki. Jangan ragu dengan firman Allah.

Tapi anda harus sedekah dengan ikhlas dan tanpa pamrih. Janganlah sekali-kali mengungkit pemberian anda, jika pihak yang telah anda sedekahkan suatu saat berbalik menyakiti anda.

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu denga menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan sipenerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa y> ang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir itu.” (QS. 2:264)

Jadi, ingin kaya? Ya sedekah!

About these ads

Responses

  1. saya adalah seorang pengajar di salah satu STMIK di Bekasi
    saya yakin dan tidak pernah ragu dengan keutamaan sedekah.
    hanya saja saya baru bisa melakukannya di pertengahan bulan januari 2010.
    suatu hari saya melihat kalung di leher istri saya yang
    sama sekali tidak ada manfaatnya kecuali hanya sebatas
    hiasan saja, hingga akhirnya saya menyarankan agar kalung
    itu dijual dan uangnya disedekahkan saja.
    awalnya istri saya menolak saran saya karena bulan itu keuangan
    keluarga kami sangat tipis, tapi alhamdulillah saya bisa
    meyakinkan istri saya tentang keutamaan sedekah. besoknya dijualah
    kalung itu seharga Rp 1.4 jt. 400.000 digunakan untuk keperluan
    keluarga sampai akhir bulan jan 2010, sisanya yang 1 jt
    akan kami sedekahkan. pagi hari kami sudah siap-siap berangkat
    berjalan-jalan sambil membagikan uang sedekah itu kepada
    siapapun yang kami temukan di jalanan yang kira-kira membutuhkannya.
    awalnya kami bertemu tukang sol sepatu yang sudah sangat tua,
    saya tidak tahu istri saya memberi uang berapa kepada tukang sol sepatu itu
    yang jelas uang 1 jt itu harus habis disedekahkan.
    kemudian kami datangi tukang pijat yang langganan kami di dekat rumah
    dia adalah seorang janda tua yang hidup dalam kesederhanaan. kemudia kami
    datangi juga paman (masih di dekat rumah) yang beberapa bulan lalu
    telah ditinggal oleh istrinya (meningal karena sakit). saya tidak tahu berapa uang yang
    diberikan oleh istri saya kepada anak paman.yang jelas waktu itu dia bilang
    uang masih ada 800 rb lagi. tiba-tiba pamanku itu telp (karena dia ga ada di rumah)
    dan dia pinjam uang 1.5 jt untuk modal usaha. saya bilang bahwa
    uang hanya ada 800 rb dan akhirnya uang tersebut kami pinjamkan buat paman.
    demi keagungan Alloh, tidak lebih dari satu bulan,
    tepatnya tanggal 17 feb 2010, saya cek uang di ATM ada transferan masuk
    Rp. 9.813.369. uang tersebut ternyata dari peberbit buku
    sebagai uang pembayaran royalti untuk periode juli – des 2009
    padahal waktu itu sisa uang di ATM tinggal 52.000
    saya berfikir “mengapa alloh menggantinya tidak 10 jt…?”
    lalu saya tanya pada istri saya ternyata sebelum kami pergi
    menyedekahkan uang itu istri saya sempat menggunakan uang Rp 20.000
    entah untuk keperluan apa dia juga lupa.
    Alloh kariiiim…., Engkau tidak pernah mengingkari janji-Mu. hitungannya
    tepat sekali. uang 200.000 itu ternyata hilang gara-gara istri saya
    menggunakan rp 20.000 untuk keperluan pribadinya. bukankah alloh
    berjanji bahwa infaq 1 akan dilabalas 10…?
    jadi infaq 980.000 dibalas 9.813.369
    subhanallohu… allahu akbar..

  2. subhanallah, janji Alloh tak pernah terpungkiri

  3. mau ijin tulisan anda saya muat dimajalah saya ya.
    majalah embun milik lembaga zakat ysng secara gratis dibagikan kedonatur sedekah. semoga tambah barokah

    • silahkan…
      amin ya rabb…

  4. ini pengalaman saya pribadi baru_baru ini…

    hari minggu kemarin tepatnya tanggal 15 agustus 2010, saya sedang berbelanja di salah satu pasar kaget di daerah bandung….ketika sedang asyik belanja ini itu, saya melihat sisa uang di dompet saya adalah satu lembar uang pecahan Rp.100.000 dan beberapa uang ribuan&recehan…

    tiba2 terbersit oleh saya untuk menyedekahkan uang rp.100.000 itu ke sebuah yayasan untuk anak yatim dan dhuafa,dibandingkan saya habiskan untuk membeli pakaian yg sangat saya inginkan…

    segera saya minta antar kepada teman saya untuk mendatangi yayasan tersebut. Jujur saja, dlm perjalanan saya sempat berfikir, ” apakah cukup uang recehan yg ada di dompet saya cukup smp tgl gajian nanti? yg nota bene msh sekitar 2minggu lebih ”

    ahk,tapi saya lantas berfikir bahwa sekarang kan sedang bulan puasa, otomatis saya tidak akan banyak jajan di luar.cukup berbuka & sahur di rumah dengan menu seadanya.

    jadi saya ikhlaskan lillahi ta’ala uang sebesar Rp.100.000 itu saya sedekahkan, tanpa memikirkan Allah akan mengganti atau tidak.pokoknya benar2 ikhlas tanpa beban di hati&pikiran!

    selang 2hr kemudian, pada siang hari saat jam istirahat, saya dipanggil ke ruangan manajer keuangan di kantor saya, Subhanallah Alhamdulillah…. tak disangka-sangka, uang insentif tahun lalu yang belum dibayar, langsung diberikan kepada saya saat itu juga.

    kalau saya mau menghitung2, ternyata ganjarannya lebih dari 10x lipat.

    Alloh SWT memang tidak pernah mengingkari janjinya…

    ” Lalu apakah yang memberatkanmu untuk bersedekah ?… ”

    semoga kisah saya ini bisa menggugah hati saudara-saudaraku untuk tidak pelit bersedekah. amin ya Rabb….

    • Assalamu’alaikum wr wb,
      Mbak Reni, salam kenal…. terima kasih sudah share pengalamannya…
      Jazakumullah khairan katsiraa…

      • Subhanallah !

  5. Asslamualaykum.
    Perknalkan nama sy sugi,saya seorang pengusaha gagang sapu,pel dll dan Alhmdulilh sdh 5 tahun usha sy ini sy tekuni.saat ini ush sy lg macet dg beban hutang baik di teman d bank skitar 250jtan.dan saat ini sy msh pegang uang terakir 150rb,akan sy sdekahkan smg Alloh memberkan jalan keluar,keiklasan,dan ketabhn pd anak istri saya.amin2 yarobbalallamin

    • Alaikumsalam wr wb,
      Bpk Sugi, semoga Alloh melimpahkan rahmat dan berakahNya kepada Bapak…
      Saya sangat tersentuh dengan kondisi Bapak. Semoga Bapak diberikan kesabaran dan kekuatan dalam menjalani cobaan ini.
      Karena ketahuilah bahwa dibalik kesulitan akan ada solusi dan kemudahan. Semoga derajad Bapak diangkat oleh Alloh SWT. Amiin.

  6. alhamdulillah beberapa hari ini aku merasakan pengalaman bersedekah, meskipun tidak besar jumlahnya namun membuatku sangat percaya akan keajaiban sedekah, dan janji Alloh jika kita bersedekah….. suatu hari aku selesai berbelanja di suatu pusat perbelanjaan, saat itu hujan yang lebat sudah reda, hanya sisa rintik gerimis saja. datanglah seorang anak laki2 kecil, usianya kira2 8 tahun tubuhnya basah kuyup, di tangannya ada payung dan dia kemudian menawarkan ojek payung….kupandangi anak itu, hatiku melas dan iba…..hmm tinggal gerimis saja, tapi aku kemudian mengiyakan tawaran anak tersebut, jadilah aku menyewa payungnya, meski motor di parkiran jaraknya hanya beberapa meter saja dari tempatku berdiri…sambil bersiap kami ngobrol, berapa De..?(bayarannya) 1000 mba….tapi aku berikan 5000 sambil aku berpesan padanya untuk rajin belajar dll. keesokan harinya temanku memberitahuku supaya menghadap atasan,…rupanya ada tanda tangan insentiv sebesar 50.000;…..ya Allohu Akbar….dalam hatiku berkata, inikah balasannya…??? betapa sangat tepat janji yang Engkau berikan.

    sambil aku merenungi kebenaran sedekah….aku teringat kejadian sebelumnya, dan sebelumya yang lain di mana jika aku urutkan kronologis saat mendapatkan rizki (uang, kesehatan, anak yg sehat, pintar, keselamatan terhindar dari kecelakaan mobil, dll )berawal dari sedekah yang insyaAlloh aku berikan….
    semoga pengalaman ini menambahkan keimanan kita, Amin.

    • terimakasih sharingnya. Semoga Allah semakin manambah keimanan kita…

  7. Saya telah mnjlni usaha sbgi pdgang kaki lima sudah hmpir 8 tahun namun saat ni bnyak skali beban yg saya rasakan, meski saya sadar ni smua krna dosa2 yg teramt bnyak, dengn memohon ampun pda allah saya akan berusaha tuk selalu bersedekah? Smoga allah swt memberi jalan keluar? Amin ya robb

  8. Assalamualaikum wr.wb
    Alkhamdulillah saya adalah orang yang pernah merasakah keajaiban sedekah…di saat itu saya dalam keadaan susah dalam ukuran hidup saya lalui..di waktu yang sama kontrakan toko usaha suami sudah habis dan kebetulan suami sakit batu ginjal. di saat itu juga saya ketipu dengan investasi bodong yang bermodalkan hutang. akhirnya peristiwa tersebut membuat saya terpuruk. Alhamdulillah Allah memberikan pertolongan dengan adanya acara di tv nikmatnya sedekah yang di bimbing oleh ustadz ym..seketika itu saya cuma mempunyai uang 45.000 dengan tergugahnya hati dengan mengucap bismillah pergilah saya ke mesjid untuk sholat dan mempersembahkan uang 40.000 yang 5.000 untuk makan seadanya…didalam masjid saya menangis kepada Allah ” ya Allah jangan hinakan hamba di dunia dan di akhirat dan ku pasrahkan semua permasalahan hamba kepada engkau ya karim” setelah itu saya masukan uang ke kotak amal…setelah pulang dari masjid..subhanallah …hp saya hilang..dan di saat itu saya sudah tidak bisa berkata 2 dan pasrah. selama beberapa bulan saya membenahi solat fardhu dan solat rowatib, solat tahajud, hajad, dhuha, puasa senin kamis, setiap malam membaca surat Waqi’ah, membaca asmaulhusna, dan selalu solawat kepada kanjeng nabi Muhammad saw. dan saya memohon kepada Allah 1. meminta ganti hp yang lebih baik. 2 meminta kendaraan karena saya sangat butuh kendaraan.3 mempunyai toko dan modal usaha tanpa harus berhutang. 4 rumah yang berbentuk minimalis dan bagus.5 semua hutang saya dilunasi 6. sakit suami saya sembuh…subhanallah hanya kepunyaan Allah lah kerajaan dan pujian. Allah yang maha sempurna dalam setiap rencana…semua permintaan ku terkabul tadinya saya bersodaqoh 40.000 di bayar oleh Allah. tak disangka – sangka nenek memberikan uang warisan senilai 425.000.000 karena nenek tidak mau di rawat oleh siapa 2 kecuali saya…Allahu akbar sekarang suami ku sehat setelah berobat di balai pengobatan alternatif …sy punya rumah yang menurut saya sudah bagus plus bermodel minimalis..suami punya toko dan mempunyai modal buat usaha. saya mempunyai kendaraan yang selama ini saya impikan dan semua yang saya ingin kan tercapai..semoga cerita saya dapat membakar semangat untuk mengubah nasib anda dan yang penting adalah ikhlas …

  9. apakah boleh bersedekah dari rizki hutang? misal : dari Kredit bank atau pinjaman dari lembaga keuangan non bank dll???

    • Pada dasarnya sedekah bisa dilakukan dari uang mana saja asalkan halal. Semoga bermanfaat…

  10. Saya baru menyadari keajaiban sedekah. Beberapa hari yang lalu saya sedekah untuk Gerakan Sedekah Masal (GSM) dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW sebesar Rp 300.000,- untuk santunan Yatim Piatu. Alhamdulillah…., balasan cepat sekali tapi saya tidak menyadari. Uang saya yang saya nyatakan hilang (karena tidak tau ada di mana) saya temukan, jumlahnya Rp 5.000.000,- lebih. Berarti sedekah saya dibalas oleh Allah SWT sebesar 16x lebih. Subhanallah…

  11. alhamdulillah Allah Maha Besar, Allah Maha Kaya, Dia telah memberikan hidayahnya kepada saya dgn yang namanya SEDEKAH. shareing pengalaman ” Waktu itu saya dalam perjalanan ke tempat pekerjaan, dalam bus Medan-Lhokseumawe. Di tengah2 perjalanan naik seorang pengamen, perempuan berusia antara 40-45 tahun atau mungkin lebih karena agak terlihat tua. Spt biasa selesai ngamen dia pun mulai menyodorkan kalengnya, dari arah depan kebelakang. Ada yang memberi dan ada pula yg tidak. Sesampainya di tempat saya, saya pun mengeluarkan uang saya sebesar 2000 (selember 2000an). eh.. tdk saya sangka ibu itu pun meminta lagi ” pak boleh ngk saya minta lagi? Akhirnya saya kasih lagi 5000. eh.. ibu tsb malah duduk disebelah saya sambil menangis mengucapkan terima kasih, agak bingung saya karena orang2 mulai melihat ke arah saya, sambil saya kemudian meminta ibu tersebut utk berhenti menangis. Ini tidak selesai sampai disini, ibu tsb meminta lagi kepada saya bahkan bercerita kalau boleh saya minta lagi pak, hari ini saya belum bisa bw uang untuk pulang kerumah. Saya takut dimarahi ibu saya, kalau ngk bisa bawa uang buat belanja. Singkat cerita ibu tsb tinggal dgn ibu nya yg sdh tua dan cerewet banget sama dia. Lanjutnya ibu itu meminta uang utk belanja harian sebesar rp.40.000,- Dengan kebingungan, & aneh jg rasanya buat saya, ini ibu akhirnya saya berikan lagi 35.000 sehingga totalnya menjadi 42.000,- untuk beberapa saat dia msh duduk di sebelah saya & sampai akhirnya dia turun. Beberapa hari setelah itu Alhamdulillah saya banyak sekali mendapatkan pekerjaan sehingga saya mendapatkan fee dari pekerjaan tersebut. terus terang sy memang tidak mencatat berapa total yg saya terima, tapi lebih kurang 5 jutaan ada saya dapatkan dr fee pekerjaan saya. Beberapa hari kemudian sy pun teringat kembali dgn ibu pengamen tsb, dan saat itu saya pun berfikir inilah balasan dari Allah ats sedekah yg saya berikan…. saya bersyukur ketemu dgn ibu tsb, dan setiap perjalanan kembali ke pekerjaan saya msh berharap untuk ketemu lagi dgn nya.

    Bagi yg membaca tulisan saya ini, saya ingin mengajak ayo lah kita peduli dgn kebahagian orang lain, marilah kita saling memberi. Bersedekah akan membantu kita keluar dari semua permasalahan, menyembuh segala macam penyakit, mempermudah semua urusan, serta mendatangkan rezeki. Semakin berat kita mengeluarkan maka semakin berkah sedekah kita. Thanks…..

  12. Saya mau sharing tentang pengalaman spritual sedekah. seorang teman kerja pernah meminjam uang ke saya sejlh 700 rb. dan berjanji mencicil selama 2 bln. cicilan pertama lancar. tapi cicilan yang kedua selalu dia datang ke saya dan mengatakan belum sanggup membayar. Saya bilang tidak apa2, kapan ada uang sj. selang beberapa bulan saya berniat untuk mengikhlaskan hutang yang masih tersisa sejumlah rp 350 rb tersebut. akhirnya teman tersebut saya temui, dan tak disangka disaat yang sama dia jg akan membayar sisa hutangnya kepada saya. saya katakan tidak usah dibayar, saya ikhlas tolong diambil lagi. tapi dia bersikeras tetap membayar , sampai saya tinggal lari dan masukkan kedalam saku bajunya….sambil berlalu dia mengucapkan terimakasih. kejadian tersebut persis jam 11.30, saat saya hendak keluar istirahat. Saya pergi istirahat bersama 2 orang teman. sekitar jam 12.00 saya sampai di tempat makan, disana teman saya menyampaikan hal yang sungguh tidak terduga, bahwa perusahaan memberikan bonus atas keikut sertaaan saya dalam sebuah kepanitiaan yang sdh berlangsung sekitar 5 bulan yang lalu. dan jumlahnya sangat banyak yaitu 7 jt. sebuah nilai yang tidak pernah saya sangka2…….ternyata kalau kita ikhlas Allah takkan biarkan balasannya turun terlalu lama, hanya dalam waktu 1/2 jam 300rb menjadi 7 jt…..Alllahuakbar……

    • terima kasih atas sharingnya… semoga semakin banyak dari kita yang memiliki kebaikan ini.

  13. Keajaiban sedekah Subhanallah sudah sering Saya alami. Janji Allah benar2 nyata adanya. Tapi ada satu yang saya rasa paling berkesan dan membekas.
    Waktu itu istri Saya bilang kalau uang di rumah tinggal Rp20.000 saja. Karena Saya mau berangkat kerja, maka satu2nya uang itu Saya bawa dan masukkan ke dompet sebagai pengisi dompet dan pembeli makan siang di kantor.
    Tak dinyana siang harinya, teman kantor mengedarkan permintaan sumbangan karena ada teman kantor yang terkena musibah sakit. Ya udah dengan ikhlas uang Rp20.000 itu Saya sumbankan Rp19.000. Maksud Saya biar yang Rp1.000 jadi penghias dompet biar gak kosong melompong. Saya ikhlaskan uang itu dan berpikiran biarlah siang ini Saya tidak perlu makan siang.
    Janji Allah benar2 nyata dan dahsyat. Tidak sampai 10 menit setelah Saya sumbangkan uang itu, Saya ditelpon beberapa orang. Mereka berniat membeli barang dagangan Saya. Kebetulan Saya punya Toko Online kecil2an.
    Alhamdulillah mereka semua sudah transfer dan jumlah totalnya Rp480.000.
    Subhanallah….. Langsung menangis Saya waktu itu. Janji Allah betul2 pasti dan kontan.

    • erima kasih atas sharingnya… semoga semakin banyak dari kita yang memiliki kebaikan ini

  14. assalamualaikum, saya sekarang ini sedang mengalami kesulitan keuangan, pekerjaan saya pedagang soto, karna jualannya didesa, jd tdk bgtu ramai, bahkan sekarang tambh sepi, uang didompet tinggal 35rb, hutang di bank 7ratusribu lebih, saya bingung, apakah 35rb tu sya sedekahkan saja, padahal besok pagi butuh, untuk membayar hutang, sebesar 58rb, bagaimana solusinya?

    • alaikumsalam wr wb,
      dahulukan membayar hutang pak… dan kita semua berdoa semoga bapak segera diberikan kemudahan keluar dari masalah tersebut.
      jika nantinya ada sisa uang maka segerakan bersedekah. Dan perlu diingat, sedekah tidak harus dengan materi, tapi bisa dengan jalan membantu tenaga kepada orang yang membutuhkan.
      Niatkanlah senantiasa untuk bisa istiqomah bersedekah, semoga Alloh memberikan petunjukNya kepada kita semua…amin

  15. Ikutan ne,

    Pd bulan kmaren ibu saya berniat menyumbangkan dana sebesar 200.000.untuk pembangunan masjid,ga tau kenapa ibu saya hanya menginfakan 150.000.baru dua hari berselang ibu saya jatuh sakit pdhal sebelum nya sehat bgt.terus saya terfikir untuk mnyumbangkan 50.000.
    Seblum berobat,ya Allah..Baru seminggu berobat subhanallah….sembuh total nyampe sekarang,segala puji bagi Allah tuhan semesta Alam.

  16. Wawan jg ingin menjadi ank yg saleh,yg selalu mendo’akan mama,yg sudah tiada,dan ingin membahagiakan keluarga,amin

  17. terima kasih sharingnya, sangat bermanfaat dan menambah keyakinan kita semua :D

  18. Jadi inget tahun 1988 baru tamat sma, saya diberi uang oleh orang tua 200 perak cukup beli bakso waktu itu, saya berdiri dipinggir jalan menunggu tukang bakso tapi tiba tiba datang anak kecil yang sering ke mesjid meminta uang untuk beli pensil sama buku persis tuh ama duit buat bakso, wah ini ujian dalam hatiku, langsung saya kasihkan semuanya tapi saya menyadari bahwa Allah akan mengganti belum jauh anak itu meninggalkan, saya dipanggil oleh bibi saya dan diberikan makanan yang lebih banyak. Alhamdulillah dari cerita itu saya punya keyakinan, setelah berwiraswasta sedekah juga yang mampu merubah pendapatan dari 100 ribu perhari menjadi 300 ribu perhari, bagi saya itu lebih dari cukup buat hidup saya dan akan berupaya menyadari untuk tetap sedekah.

  19. Pada hari ke 4 lebaran kemarin sambil silaturrahim, saya shalat jum’at d mesjid d saku saya ada uang 6000 pecahan 5000 1 lembar dan 1000 1 lmbr krna yang lain dbawa istri..saat akan memasukan ke kotak infak tiba2 saja berat sekali memasukan uang 5000 jadilah saya masukan 1000 rupiah…pada sorehanrinya saat hampir maghrib ban motor saya gembos, ternyata tidak bisa di tambal hrus ganti ban 25000 plus pasang 5000 total 30000….mahasuci Allah kebakhilan saya dibalas dalam waktu 6 jam….sejak saat itu saya terus berusaha untuk lebih baik…

    • cerita yang inspiratif bgd pak, moga kta sll istiqomah dijalan Allah,amin.

  20. saya juga punya kisah tentang sedekah.siang itu tgl 14juli 2011 saya mengantarkan sedekah bulanan saya pada salah satu panti asuhan di kota jember.saya serahkan dana sebesar 250 ribu.ntah mengapa setelah meninggalkan panti asuhan tersebut tanpa sadar saya berucap ya rabb selamatkan nyawa hambamu.kemudian saya melanjutkan perjalanan saya dengan mengendarai motor.saat hendak belok kearah kanan tiba tiba saya di tabrak dan diseret oleh sebuah truk angkut pasir dari arah belakang.begitu sadar sy sudah berada di RS.Alhamdulillah Allah masih selamatkan nyawa saya meski kondisi kaki saya retak dan sampai sekarang masih memakai kruk krn secara akal sehat dan menurut keterangan para saksi mustahil saya untuk hidup dengan kondisi motor ringsek dan tubuh berada di bawah truk,hanya kondisi kaki yg retak dan luka luka tp bagian tubuh wajah dan yg lain tidak ada luka sedikitpun .Alhamdulillah sedekah dan doa dari anak anak yatim yg menyelamatkan nyawa saya dan beri kesempatan pada saya tuk berbuat lebih baik lagi,amin

    • cerita yg inspiratif bgd mba,moga saya cepat dapat meniru ya mba

  21. assalamu’alaikum wr.wb
    stlh baca2 tulisan diatas sy baru menyadari ternyata rezeki yg didapat suami sy pasti karna balasan sedekah, suatu ketika suami sy sedang tugas diluar jadi sy yang harus antar jemput sekolah anak sy, biasanya suami sy yg melakukannya karna kebetulan sekolah anak sy bersebelahan dg kantor suami sy, suatu hari pas sy menjemput anak sy, sy melihat seorang pemulung yg sdh tua sekali , tubuhnya kurus umurnya kurang lebih 70th , sy lgs ngelus dada “astagfirrullah sdh tua kok ya msh bekerja keras”, karna waktu itu yang jemput anak sekolah banyak, sy tunggu dipertigaan yang agak sepi kebetulan pak tua itu berjalan kaki, ketika beliau lewat lgs sy panggil, “ma’af pak sy hanya bawa uang ini, untuk bapak ya pak, ma’af hanya sedikit” kebetulan sy hanya bawa uang Rp 10.000 hanya untuk jaga2 soalnya jarak sekolah anak sy tidak jauh dari rumah lgs sy selipkan ditangannya yang renta,, beberapa hari setelah suami sy pulang dia memberiku uang, sy lihat amplop pertama Rp 500.000, eh masih dikasih lagi dari dalam tas Rp 500.000, alhamdulillah uang apa ini pa tanyaku? ini uang dikasih dari rekanan jwb suamiku, sy msh heran “kok bisa uang untuk apa? ” gak tau ma, cuma bilang ini buat bapak terimakasih atas bantuannya, padahal papa cuma bantu mempertemukan dg pimpinan” besoknya suami sy ditelpon rekannya yg lain suami sy ditransfer 1jt, sbg ucapan terimaksih beliau menang tender, Subhannalah….. rezeki kami mengalir dari mana-mana SUBHANALLAH…. berarti uang yang diterima suami sy setelah pulang dari tugas itu buah dari sedekah,…??? saya baru menyadarinya setelah membaca baca tulisan2 disini….. ternyata IKHLAS dari sebuah sedekah pasti diganti oleh ALLAH SWT dg sangat berlipat2 ganda…. ALHAMDULLILAH….

    • Terima kasih sharingnya…

  22. Saya sudah sering bersedekah tapi sampai saat ini belum menemukan keajaiban dariNya, ada satu pelajaran penting setelah membaca artikel di atas di tambah pengalaman2 para komentar bahwa kunci dari bersedekah adalah ikhlas dan tanpa pamrih, itulah mungkin yg belum aku lakukan dgn baik. Tetapi dari semua yg ada saya telah memahami bahwa umur panjang, rizki, kesehatan dll adalah efek dan bukti dari sedekah. Karena kalo kita sakit harus keluarkan uang ribuan bahkan jutaan rupiah untuk biaya pengobatan, jadi kita sehat sama juga mendapat rejeki yg melimpah karena tanpa harus keluar biaya. Allahu Akbar.

  23. ashodaqou tanfaul bala

  24. Sungguh, tidak ada yang perlu diragukan lagi atas semua hikmah dari sedekah. Baik yang nyata dan langsung diberikan balasan oleh Allah ataupun yang sebagaimana dijanjikan Allah nanti di akherat. Harta yang sesungguhnya kita miliki adalah sejumlah harta yang kita sedekahkan, karena harta itulah yang akan kita miliki dalam kehidupan kekal nantinya.
    Saya adalah seorang yang begitu percaya hikmah sedekah tersebut, karena dalam beberapa kisah hidup saya, atas kebesaran dan ijin Allah SWT, sedekah telah menolong saya. Diantaranya adalah ketika suatu ketika saya bersedekah ke seorang pengemis, ada peristiwa sederhana tetapi diluar dugaan terjadi. Hari raya yang lalu saya baru pulang dari kerja, maklum saya kerja lapangan yang harus keluar kota setiap skedul kerja. Tentunya dapat diketahui bersama, bagaimana kondisi kendaraan dan penumpang saat itu. padahal saya harus naik bis untuk pulang ke rumah. Hampir 3 jam saya menunggu keajaiban untuk dapat bis. Tanpa sengaja saya ingat sedekah yg pernah saya berikan ke seorang pengemis beberapa waktu yang lalu, dengan segera saya panjatkan doa : Ya Allah…saya mohon kuasaMu, atas sedekah yang telah aku berikan aku mohon mudahkan perjalananku…. Tanpa diduga, beberapa saat kemudian ada bis yang justru tanpa saya stop berhenti dan menawarkan untuk saya naik… Alhamdulillah ya Allah…walaupun harus berdiri di pintu, saya bersyukur akhirnya saya bisa pulang……
    Mungkin ini hanya kisah kecil yang tidak begitu dahsyat dibandingkan dengan beberapa kisah dahsyatnya sedekah, tetapi dibalik kisah tersebut ada kedahsyatan tersendiri yang saya alami. Bisa dibayangkan jika pada saat itu saya tetap tidak dapat bis, mungkin saya harus mencari penginapan dan tentunya besok pagi saya harus berjuang kembali untuk dapat pulang. Dan karena hari itu juga saya dapat pulang, berarti hari itu juga saya dapat bertemu anak istri saya setelah lebaran saya tidak berkumpul dengan mereka…subhanallah ini adalah nikmat yang sangat mahal harganya.
    Kesimpulan saya, mungkin Allah tidak mengganti secara tunai sedekah kita tetapi ada hikmah-hikmah lain yang harganya sangat mahal sebagai balasan dr sedekah kita.
    Terakhir saya titipkan 5 S sebagai bagian dari sukses, yaitu : Sholat, Sholawat, Syukur, Sedekah dan Senyum.

  25. almdulillah ….

  26. Balasan sedekah adalah pasti dan dalam bentuk apa saja,tidak tentu berlipat2 dari yang kita sedekahkan karena mungkin dosa yang kita perbuat.ada yang cepat,ada pula yang lambat dibalasnya.baik berupa materi,keselamatan,kesehatan,kedamaian hati,dll.ikhlas dalam melakukan dan sabar akan adanya kebaikan..
    Terlalu banyak rasanya yang saya alami dari “keajaiban” sedekah itu,bahkan pada saat saya menulis setengah dari tulisan ini,balasan itupun tiba2 datang.
    Subhanallaah walhamdulillaah..
    Semangatlah senantiasa bersedekah!!!

  27. Janji Allah itu pasti jangan ragu untk sedekah

  28. Haqqul yaqin wa ‘ainul yaqin dengan sedekah semua masalah akan ada jalan keluar terbaiknya. Meski belum berlimpah materi, saya sudah sangat sering mendapatkan balasan dari amal sedekah, dari mendapatkan tumpangan bis yg bisa duduk, uang pemberian maupun biaya anak sekolah yg jumlahnya jauh lebih banyak dari yg saya sedekahkan. Alhamdulillah saya masih selalu belajar untuk bersedekah walau saya sendiri dalam kekurangan materi tapi saya merasa diberi kekayaan non materi yang berlebih,sehat, menjaga iman islam,dan selalu ada jalan keluar saat ada kesulitan, insya ALLAH,amiin ya robbal ‘alamiin

  29. Assallamu’alaikum. wr. wb. Kalau masalah sedekah, memang tidak diragukan lagi manfaatnya sungguh luar biasa. Ini ada sedikit cerita tentang sedekah. Pada suatu hari saat saya sedang berangkat kerja, di kantong baju seragam saya hanya ada uang sejumlah Rp. 20.000. Di dalam perjalanan, ada seorang tukang penjual sapu ijuk, sudah tua dan nampak di wajah beliau raut wajah yang sangat kelelahan. Saya yang melihatnya, merasa tak tega, dan memberikan uang Rp. 20.000 kepada bapak penjual sapu ijuk tersebut. Setelah saya memberikan uang tersebut, ternyata saya melihat bensin di motor saya menipis, n menunjukkan memang harus segera diisi. Melihat hal itu, saya hanya berdoa “Ya Allah, engkau maha kaya, atasilah masalahku ya Allah”….. dan ternyata sungguh dahsyat, sesaat setelah saya sampai di tempat kerja, saya diminta salah satu rekan kerja untuk tanda tangan honor lembur yang jumlahnya Rp. 250.000, dimana kerjaan itu udah lama banget… sampai sudah lama rasanya… Memang benar2 Allah akan selalu membantu hambanya yang senantiasa berbuat kebaikan, dan janji Allah itu pasti….. Wassallammu’alaikum. wr. wb.

  30. assalamua’laikum..mana yang d dahulukan bayar hutang ataw ber sedekah? sedangkan hutangnya banyak…. apakah ditunggu dulu selesai bayar hutang lunas baru boleh bersedekah..trimakasih..

    • jika memungkinkan, jangan dibayarkan semua untuk hutang, sisakan sebagian untuk sedekah

  31. assalamualaikum,….kalau sedekah itu dari hutang boleh ga….?

    • Alaikumsalam,
      Maaf baru balas…
      Boleh saja sepanjang tidak akan menambah beban.
      Mohon diingat bahwa menuju sedekah bisa dengan cara lain yaitu mengajak orang lain bersedekah, kita salurkan kepada yang berhak. Insya Alloh pahalanya sama dengan yang bersedekah.

  32. Assalamualaikum…ALLAHUAKBAR…sy merasa tersentuh dgn semua pengalaman tmn2, InsyaAllah ingin rasa tidak lupa utk bersedekah,kami pun berusaha utk bersedekah walau dlm jumlh yg berbeda2,Dan selalu berharap Allah mendengar doa2 n harapan kami semua n melancarkan juga dimudahkan urusan yg kami hadapi dan diberi jalan keluar dr semua masalah yg dihadapi,Aamiin YRA

  33. Assalamualaikum..WR.WB,,,,,ALLAHUAKBAR,,,sy pribadi jg sudah nerasakan hasil dr pada sedekah yg saya keluarkan,,,,maka bagi pembaca yg lain jgn ragu utk senantiasa bersedekah Wassallammualaikum,,,,WR.WB

  34. Assalamualaikum Wr.Wb sy pribadi telah merasakan sendiri keutamaan dr pd sedekah itu,maka bagi para pembaca yg lain semoga senantiasa bersedekah,,,,,, Wassallamualaikum Wr.Wb

  35. Janji Alloh pastilah ditepati. Kalau boleh berbagi pengalaman, sy pribadi, untuk menghadapi masalah-masalah yang sangat berat, selain bersedekah jg berpuasa, sholat malam/tahajud, istighfar dan selau dzikir di setiap kesempatan. dan Jika ada kita masalah dengan orang lain, mk sy akan istighfar banyak2 sambil introspeksi diri, siapa tahu ada salah pada diri sy. Oya biasanya sy jg kirim Alfatihah kepada orang tersebut, Insyaalloh, Alloh selalu memberi jawaban.
    ini pengalaman sy jg, saat sy ingin segera mendapatkan suami yang baik, sy meniru ashabul kahfi ( yaitu minta tolong sama Alloh untuk membalas kebaikan2 yg pernah sy lakukan dg ikhlas sebelumnya/ ceritanya sy minta ke Alloh agar sgr memenuhi janjiNya hehehe, jujur sy akui, Alloh sering sy jadikan teman curhat) dan alhamdulillah Alloh mengabulkan doa sy. begitu jg ketika suami difitnah teman kerjanya, sy merasa hanya Allohlah yg bisa membantu mengatasi masalah kami, maka sy melakukan puasa, sholat tahajud, sedekah dan dzikir. Tak lama Alloh memperlihatkan kebenaran itu. Percayalah bahwa Alloh itu nyata ada dan senantiasa melihat kita. kita sj kalo ndak dipercaya orang lain skit hati kan…, masak Alloh yg MAha Agung ndak kita percaya… salam.

  36. ass,sy seorang suami yang juga terjerat masalah hutang,,,sudah banyak cara sy berupaya melunasinya,termasuk bersedekah.tp tetap tidak berhasil…sedangkan penghasilan tetap sy perbulan hanya 1,2jt…hutang sy saat ini sudah mencapai 208jt,,ada dr rentenir,pinjaman orang tua dan saudara,,sy mohon bantuan dari saudara2 semua,sekecil apapun bantuan saudara sy ucapkan terima kasih.semoga allah membalas lebih besar dr apa yg saudara berikan kepada sy.bagi yg mau membantu sy tolong transfer ke rek bca 4212367919 atas nama cardian bestary,,,untuk lebih jelas tetang sy bisa email ke dean_krypton@yahoo.comatau sms ke081294928425,maaf sebelumnya sy bukan penipu,,,sy hanya seorang yg lg kesusahan dan berharap ada yg mau membantu,terima kasih…wassalam


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 45 other followers

%d bloggers like this: